Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh

 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh

kitapastibisa.id – Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh

Madu telah lama digunakan sebagai bagian dari berbagai pengobatan, sebab madu memang memiliki manfaat kesehatan yang berlimpah. Madu dipercaya mempunyai khasiat untuk menambah kekebalan tubuh manusia. Madu merupakan campuran senyawa fruktosa (38,5 persen) dan glukosa (31,0 persen). Selain itu ada karbohidrat seperti maltosa, sukrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya.

Berikut tersaji beberapa manfaat madu, untuk lebih mengetahui khasiat dari mengonsumsi madu bagi kesehatan.

Meningkatkan metabolisme

Karena mengandung banyak nutrisi inilah maka dengan mengkonsumsi madu dengan sendiri metabolisme dalam tubuh akan meningkat. Dengan terangsangnya produksi sel imun, metabolisme tubuh juga akan menjadi lebih kuat. Tak hanya itu, secara tidak langsung stamina pun akan semakin bertambah karena tubuh menjadi lebih fit.

Sumber nutrisi lengkap

Madu memiliki kandungan Vitamin A; Beta Caroten; Vitamin B Kompleks; Vitamin C, Phospor, Zat besi, Kalsium, Klorida Kalium, Yodium dan Natrium. Selain kandungan tersebut, madu juga mengandung enzim-enzim penting untuk memperlancar reaksi kimia dari berbagai metabolisme di dalam tubuh. Protein, asam organik, hormon dan senyawa antimikroba berkhasiat sebagai antibiotik.

Baca Juga  Kebun Roti Berbagi Cemilan Sehat untuk Tubuh

Manfaat Madu Sebagai Kadungan Antioksidan

Madu yang asli dan berkualitas tinggi, mengandung banyak antioksidan di dalamnya. Antioksidan inilah yang memberikan banyak manfaat madu untuk kesehatan. Sebab, komponen ini merupakan komponen yang sangat baik untuk tubuh, sebab dapat mengurangi risiko terjadinya serangan jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Mengobati luka luar

Madu sudah terbukti efektif dapat digunakan untuk mengobati luka. Dengan mengoleskan madu murni pada luka, maka luka akan sembuh dengan cepat.

Mengatasi alergi

Madu juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati dan menghilangkan alergi. Jejak serbuk sari bunga dan paparan alergen yang bekerja dapat memerangi reaksi alergi. Dekstrometorfan dama pada madu dapat menenangkan batuk Anda. Bahkan bila Anda terus mengalami batuk-batuk pada malam hari. Dengan meminum madu, batuknya akan berkurang.

Rasa manis yang dimiliki madu membuatnya dapat digunakan sebagai pengganti gula dalam asupan harian Anda. Gula berlebih yang ditambahkan kedalam asupan hanya akan menjadi kalori tanpa memiliki nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Hal tersebut dapat membuat terjadinya kenaikan berat badan sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.
Perawatan Tubuh

Baca Juga  Shalat Jamaah dan Shalat Jum’at di Masjid ketika Terjadi Wabah

Selain baik untuk kesehatan tubuh, madu juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan. Madu kaya akan anti-oksidan yang ternyata memiliki banyak manfaat untuk wajah dan kecantikan, seperti sebagai Pelembap alami wajah yang kering, mengangkat sel kulit mati, menghilangkan komedo menyamarkan noda bekas jerawat, dan sebagainya. Madu juga bisa digunakan untuk bibir melembapkan bibir dan mengatasi bibir pecah-pecah. Selain itu, Manfaat madu untuk rambut menguatkan akar rambut dan membuat rambut lebih berkilau.

Manfaat madu untuk kesehatan memang beragam, namun, perhatikan juga jenis madu yang dipilih. Disarankan juga untuk tidak mengonsumsi madu secara berlebihan, sebab meski sehat madu tetap mengandung gula, sehingga perlu bijak dalam mengonsumsinya.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *