Manfaat Dari Menulis Jurnal Harian

 Manfaat Dari Menulis Jurnal Harian

Kitapastibisa.id -Manfaat Dari Menulis Jurnal Harian – Kompas

Manfaat Dari Menulis Jurnal Harian – Buku jurnal atau buku yang mirip dengan buku diary ini seringkali dimiliki setiap orang. Karena kegunaan buku jurnal ini untuk mengetahui aktivitas apa saja yang telah kita lalui dalam hari ini hingga hari selanjutnya. Isi didalam buku jurnal berbagai macam sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Selain itu buku jurnal sendiri bisa digunakan untuk mencurahkan isi hati bila tidak bisa mengungkapkannya secara langsung.

Kebiasaan menulis jurnal di buku harian mungkin sudah menjadi salah satu rutinitas yang kini telah ditinggalkan oleh sebagian orang. Di era modern, buku harian itu berganti bentuk menjadi blog. Seiring waktu, banyak orang mulai meninggalkan kegiatan menulis jurnal. Padahal menulis jurnal harian sangat membantu kita dalam mengendalikan pikiran, mengatur emosi, dan mengajarkan cara mengungkapkan ataupun mencurahkan perasaan. Berbagai penelitian mengungkap kaitan antara mengungkapkan emosi dengan status kesehatan yang lebih baik.

Untuk membuat hidup kamu lebih teratur atau disiplin setiap harinya bisa kamu lakukan dengan menulis jurnal harian. Banyak fungsi dari jurnal harian yang nantinya akan membantu kamu merenungkan diri kamu sendiri. Jurnal harian bisa berbentuk cerita yang kamu tulis untuk menceritakan berbagai hal, seperti mengulas kembali pencapaian yang kamu lakukan dari awal hingga sampai saat ini. Dengan menulis jurnal harian kamu bisa menuangkan semua perasaan yang kamu miliki setiap harinya tanpa takut untuk disalahkan oleh orang lain. Menulis sebuah jurnal harian juga bisa membantu kamu untuk tetap teratur dan disiplin dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Baca Juga  Jantung yang Sehat untuk Hidup yang Lebih Bahagia

Baca Juga: Surga Menantikan Orang yang Gemar Berprasangka Baik

Melimpahkan Perasaan Melalui Jurnal harian

Terkadang kamu akan sulit menceritakan suatu kejadian kepada orang lain maka, kamu bisa melimpahkannya kepada jurnal harian. Kegiatan menulis jurnal harian bisa kita lakukan untuk mengatasi depresi dan kecemasan, juga membuat kita hidup lebih sadar, sehat, dan bahagia. Sebab menulis tidak hanya mengulangi kejadian yang kita alami tetapi membantu kita memahami dan menempatkannya sesuai konteks. Kita tidak hanya menulis apa yang terjadi tapi juga menemukan makna dari ingatan traumatik dan mengalami emosi di sekitarnya.

Menulis sebagai terapi sebaiknya tidak dilakukan langsung setelah kejadian yang membuat trauma karena kita mungkin tidak siap untuk menghadapi banjirnya emosi. Luangkan waktu khusus. Kita memang tidak harus menulis jurnal setiap hari, namun carilah waktu 15 menit untuk menulis setiap 3-4 kali seminggu. Lakukan eksperimen. Jika kita tidak suka menulis dengan tangan, cobalah menuliskannya di blog atau merekam suara. Intinya adalah kita lebih sadar dan mendapatkan makna dari sebuah peristiwa. Cari tempat yang tepat. Di mana kita menulis akan berpengaruh pada cara kita merasakan dan apakah hal itu efektif. Idealnya kita menulis di tempat yang tenang.

Baca Juga  Siapakah Itu Orang Munafik Menurut Islam

Jangan mengedit. Bagian dari latihan adalah memahami emosi yang hadir sehingga kita harus ekspresif. Kita tak akan bisa mencapainya jika kita selalu mengarahkan atau mengedit tulisan itu. Baca ulang, sangat membantu jika kita membaca-baca lagi apa yang sudah kita tulis, tapi jangan sampai terbawa emosi. Ingatlah bahwa setiap peristiwa adalah pelajaran hidup yang berharga. Sebaiknya tuliskan uneg-uneg kita sampai selesai, jangan baru menulis dua paragraf lalu kita baca ulang, karena itu akan memengaruhi apa yang akan ditulis. Menulis juga butuh latihan agar terbiasa. Pada awalnya mungkin kita merasa bingung harus menulis apa, tapi lama-kelamaan kita bisa lebih jujur dan ekspresif.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *