Makna Kimchi bagi Masyarakat Korea

 Makna Kimchi bagi Masyarakat Korea

Kitapastibisa.id – Makna Kimchi bagi Masyarakat Korea – remotelands

Kimchi merupakan salah satu makanan khas Korea yang terkenal secara mendunia. Merupakan makanan tradisional yang masuk kedalam makanan dasar yang wajib ada. Biasanya saat orang Korea makan, maka makanan ini selalu disajikan sebagai pelengkap menu makanan mereka. Dikenal sebagai makanan sehat hasil olahan sayuran yang difermentasi bersamaan dengan bumbu ini memiliki makna mendalam bagi masyarakat Korea. Bagi masyarakat Korea, makanan ini merupakan simbol kebangaan nasional, atau makanan yang menunjukkan nasionalisme. Mengonsumsinya merupakan bagian dari gaya hidup masyarakat Korea. Sebisa mungkin, di setiap rumah masyarakat Korea selalu ada persediaan kimchi. Begitu pula bagi Anak-anak di Korea juga terbiasa mengonsumsinya di rumah. Ini menjadi salah satu cara melestarikan tradisi.

Kimchi diperkirakan sudah ada sejak 3.000 tahun lalu. Pada saat itu kimchi terbuat dari mentimun yang dipotong dan diberi bumbu kemudian difermentasi. Sedangkan Kimchi yang dikenal di masa sekarang ini kebanyakan terbuat dari kubis. Resep ini dikenal berasal dari zaman kuno di Korea, sebelum masa Tiga Kerajaan (37 Sebelum Masehi – 7 Masehi). Pada awalnya kimchi berwarna hijau karena pada saat itu cabai belum dikenal dikorea. Orang Korea baru mengenal cabai diabad 16 setelah pedagang portugis datang dari Jepang, jadi kimchi yang memiliki bumbu berwarna merah baru dikenal sejak masa itu.

Baca Juga  Menjaga Kondisi Lemari Agar Tetap Bersih dan Wangi

Awalnya, para leluhur bangsa Korea menemukan cara untuk mencegah makanan membusuk, terutama saat musim dingin. Sebab pada musim dingin, mereka membutuhkan pesediaan sayuran karena sayuran tidak tumbuh di musim dingin. Mereka mulai melakukannya dengan cara mengeringkan bahan makanan, hingga menemukan metode fermentasi yang bisa mengawetkan makanan. Mula-mula pada masa itu mereka membuat kimchi dengan cara sayuran dicelupkan dalam garam di dalam sebuah kendi tembikar, yang kemudian dikubur di bawah tanah. Akhirnya lama kelaman tradisi membuat kimchi menjadi umum dilakukan di Korea.

Baca Juga: Bahaya Memakai High Heels Terlalu Sering

Budaya Mengonsumsi Kimchi

Terkait kimchi, di masyarakat korea sendiri dikenal ada sebuah budaya yang dinamakan “kimjang”. Yang merupakan saat di mana masyarakat membuat kimchi bersama-sama. Ketika hari Kimjang, biasanya orang-orang terdekat seperti keluarga, kerabat dan tetangga. Mereka akan berkumpul beramai-ramai untuk membuat makanan ini. Dengan jumlah yang dibuat ini diperkirakan mencukupi sampai musim semi tahun berikutnya. Tradisi Kimjang ini juga merupakan salah satu bentuk rasa syukur karena telah melalui satu tahun dengan selamat dan siap memulai kehidupan yang baru pada tahun baru nanti.

Baca Juga  Tips Menjaga Kondisi Gadget Agar Tetap Sehat

Membuat kimchi bersama juga dilakukan guna menjaga rasa solidaritas dan saling memiliki. Kemudian untuk resep membuatnya juga sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Sayuran yang paling umum digunakan adalah sawi putih dan lobak. Sayuran ini kemudian difermentasi setelah sebelumnya digarami dan dicuci serta diberi bumbu pedas. Sayuran juga kadang dicampur dengan bumbu pelengkap yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah. Tradisi ini dilakukan guna menjaga makanan khas ini tetap bisa dinikmati juga untuk mempererat rasa persaudaraan.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *