Makna Dibalik Stagen, Kain Tradisional Asal Jawa

 Makna Dibalik Stagen, Kain Tradisional Asal Jawa

Kitapastibisa.id – Makna Dibalik Stagen, Kain Tradisional Asal Jawa – Stagen Rahayu

Makna Dibalik Stagen, Kain Tradisional Asal Jawa – Stagen merupakan kain panjang yang berbentuk gulungan dan dililitkan ke pinggang. Stagen biasanya digunakan sebagai pelengkap pakaian tradisional Jawa. Agar membuat perut terasa lebih kencang, kerena perut yang dililitkan dengan stagen akan terlihat lebih kecil.

Umumnya penggunaan stagen ini serupa dengan dengan korset. Kain ini lebarnya sekitar 15cm dan panjangnya sekitar 5-10 meter. Yang digunakan dengan cara dililitkan ke pinggang setelah menggunakan kain panjang. Kain ini berfungsi sebagai pengunci kain panjang agar tidak jatuh. Setelah itu, barulah memakai pakaian bagian atas seperti kebaya bagi wanita dan beskap bagi laki-laki. Pelipatan dan penggunaan stagen memiliki aturan sendiri. Pada saat memakai stagen gulungan harus berada di atas tangan. Sedangkan saat melipatnya gulungan ada di bawah tangan.

Stagen tak hanya sebagai pengunci kain dan pelengkap pakaian saja, tetapi diyakini perempuan Jawa sebagai membentuk postur tubuh, khususnya merampingkan perut. Wanita Jawa sering menggunakan Stagen saat baru melahirkan untuk mengembalikan postur tubuh yang ideal. Maka tak heran, jika perempuan Jawa memakai stagen hingga tiga bulan pasca melahirkan hal ini dilakukan agar bentuk perutnya kembali ideal.

Baca Juga  Seluk-Beluk Gotong Royong Ala Indonesia

Baca Juga: Mengenal Permainan Tradisional Congklak

Proses Pembuatan Menggunakan Alat Tenun

Makna Dibalik Stagen, Kain Tradisional Asal Jawa
Kitapastibisa.id – Makna Dibalik Stagen, Kain Tradisional Asal Jawa – Medium

Stagen dibuat dengan cara yang masih tradisional yakni dengan ditenun dengan menggunakan alat tenun bukan mesin. Alat tenun ini digerakkan dengan tangan dan kaki. Maka perlu waktu cukup lama untuk mengerjakan sehelai kain yang berukuran panjang. Karena diperlukan kesabaran dan ketekunan untuk membuatnya.

Dulunya, stagen hanya dibuat dengan warna polos seperti hitam, biru, merah, atau hijau. Namun seiring perkembangan zaman, kini mulai bermunculan stagen yang beragam warna. Stagen warna-warni ini diberi nama rainbow stagen yang terinspirasi dari kain lurik, motif garis-garis yang sering digunakan masyarakat Jawa.

Dalam filosofi Jawa, kain stagen yang bentuknya memanjang disimbolkan sebagai usus panjang, yang berarti selalu sabar. Seperti halnya pada proses pembuatannya yang cukup lama membutuhkan ketekunan dan kesabaran. Begitu juga fungsi dari stagen sendiri yang dipakai dengan dililitkan di sekitar pinggang dengan rapat, membuat orang yang memakainya tidak bisa bergerak dengan lincah dan leluasa, juga pergerakannya pun terbatas. Sehingga, harus bersabar bagi orang yang memakainya.

Baca Juga  Nyirih, Kebiasaan dalam Budaya Indonesia

Artikel Terkait