Lathi Lagu EDM dengan Nuansa Jawa

 Lathi Lagu EDM dengan Nuansa Jawa

Kitapastibisa.id – Lathi Lagu EDM dengan Nuansa Jawa – Youtube/Weird Jenius

Lagu Lathi yang saat ini sedang viral menjadi pembicaraan banyak orang. Salah satunya karena keunikan akan lagunya yang memadukan dua bahasa yakni bahasa Inggris dan Jawa. Siapa sangka kalau lagu yang semakin ramai jadi perbincangan di dunia maya ini merupakan karya musisi tanah air. Yakni kolaborasi antara Weird Genius dengan penyanyi asal Surabaya Sara Fajira yang berhasil memuncaki berbagai tangga lagu di platform musik. Sejak perilisannya dirilis pada Maret 2020 lalu, kini lagu Lathi sudah ditonton lebih dari 79 juta kali di channel YouTube.

Weird Genius sendiri merupakan grup musik beraliran electronic dance music (EDM). Beranggotakan Eka Gustiwana, Reza Oktovian, dan Gerald Liu yang dalam karyanya mereka bertiga memang selalu mengangkat nilai budaya Indonesia memalui musik yang mereka ciptakan. Sedangkan vokal dalam lagu ini disisi oleh seorang penyanyi sekaligus rapper asal Surabaya bernama Sara Fajira. Yang dulunya juga merupakan jebolan ajang pencarian bakat.

Keunikan Lathi memang layak menjadi perhatian banyak orang. Musiknya yang memasukan unsur musik khas Indonesia serta video klipnya yang juga menggabungkan berbagai unsur kesenian khas Indonesia didalamnya. Dilihat dari judul lagunya saja, Lathi ini sudah memasukan unsur bahasa Jawa. Dimana dalam bahasa Jawa kata Lathi yang berarti Lidah atau Ucapan. Dalam liriknya sendiri, lagu Lathi meceritakan sebuah kisah cinta dari pasangan yang berada dalam hubungan toxic relationship. Hubungan tersebut sarat ego hingga berakhir menjadi sebuah kisah cinta yang menyakitkan. Sosok perempuan dalam video klip ini menunjukkan dirinya sebagai pribadi yang kuat dan berani untuk keluar dari kekangan serta bisa melindungi dirinya sendiri.

Baca Juga  Dewa-Dewi Yang Melagenda Dalam Mitologi Yunani

Baca Juga: Obat dari Sifat Sombong Menurut Islam

Perpaduan Budaya Jawa dengan Aksen Modern

Sebagian besar lirik lagu Lathi memang menggunakan bahasa Inggris yang cukup dalam sebagai sarana pengungkapannya, namun tetap mengambil beberapa penggalan bahasa Jawa yang disisipkan kedalam lirik lagunya. Hal inilah yang justru menjadi sebuah kejutan tersendiri dan memberikan rasa kagum dan bangga. Hal lainnya yang cukup menarik perhatian dari lagu ini adalah adanya penggabungan unsur musik tradisional dan modern yang dimunculkan dalam lagu ini. Selain itu, dalam video klipnya, juga tidak lupa untuk menunjukkan kebudayaan Indonesia seperti Wayang, Debus, Kuda Lumping, serta Sinden.

Lagu ini mendadak viral dan semakin dikenal oleh khalayak ramai saat seorang seorang beauty vlogger asal Indonesia, Jharna Bhagwani mempopulerkan #LathiChallenge. Ia berkreasi membuat konten make up dengan pakaian tradisional dan diiringi lagu Lathi. Hal ini lantas membuat orang beramai-ramai mengikuti jejaknya dengan membuat kreasi make up dengan pakaian tradisional di Platform Instagram dan juga TikTok.

Baca Juga  Desa Berdaya untuk Ekonomi Merata

Lagu Lathi juga sempat menuai kontroversi, Belakangan beredar kabar yang menuding Lagu Lathi sebagai hal mistis. Kabar ini berawal saat seorang tokoh agama Malaysia, Wan Dazrin. Di akun Twitter-nya, Ia mengaitkan lagu Lathi dengan ritual pemanggilan setan. Tudingan ini viral dan menjadi bahan perbincangan warganet lainnya, akhirnya dijawab oleh Eka Gustiwana yang berpendapat musik yang menjadi bagian dari karya seni dapat ditafsirkan berbeda-beda oleh setiap orang. Ia kemudian menjelaskan unsur-unsur di lagu Lathi murni diadopsi dari kebudayaan nusantara, khususnya dari Tanah Jawa. Yaitu skala tangga nada pelog tradisional Jawa, suara musik dari gamelan Jawa serta nembang yang juga dari tradisi budaya Jawa.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *