Langkah untuk Menjaga Konsentrasi dan Kesadaran

 Langkah untuk Menjaga Konsentrasi dan Kesadaran

Kitapastibisa.id – Langkah untuk Menjaga Konsentrasi dan Kesadaran – doktersehat

Langkah untuk Menjaga Konsentrasi dan Kesadaran – Berkesadaran atau sadar utuh secara penuh terhadap apa yang sedang kita lakukan dan kerjakan merupakan salah satu faktor penting terhadap pekerjaan atau kegiatan yang sedang kita lakukan. Membangun kesadaran ini sering kali dilihat untuk menyelesaikan segala pekerjaan besar, padahal menjadi sadar bisa dimulai dan diterapkan dalam setiap hal kecil yang terus menerus kita lakukan.

Namun seringkali ini menjadi masalah yang cukup serius. Mengatur fokus atau berkesadaran bisa menjadi sebuah kondisi yang sulit dicapai, dan perlu Latihan yang terus menerus.

Apalagi jika kita berada di tengah jadwal yang cukup padat dan memiliki banyak kegiatan yang beragam. Tak jarang fokus kita akan sangat buyar dalam mengerjakan sesuatu. Banyak sekali faktor dan sebab yang membuat kita berada dalam situasi seperti ini.

Baca Juga: Dissa Syakina Ahdanisa Meberdayakan Tuna Rungu

Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga konsentrasi.

  1. Mengatur jadwal dan prioritas

Mengatur skala prioritas atas sebuah tugas dapat membantu kita untuk mengatur dan fokus pada kekuatan pikiran kita. Hal ini dapat membantu kita untuk meluangkan atau menyiapkan diri kita menghadapi tugas yang memang memerlukan perhatian lebih dibanding yang lain. Jika pekerjaan dengan top priority ini sudah mampu kita selesaikan, kita pasti juga akan merasa lebih rileks untuk pekerjaan berikutnya.

  1. Mengenali kondisi tubuh

Mampu memahami apa yang tubuh kita butuhkan dan rasakan menjadi sebuah keberuntungan lho. Kita bisa menyesuaikan dan memberikan asupan apa yang sedang dibutuhkan oleh tubuh. Jika tubuh merasa lelah, ada baiknya kita turut mendengarkan dan mengambil jeda atau istirahat selama beberapa saat. Jangan sampai kebablasan juga lho. Dengan memenuhi kebutuhan tubuh tersebut, kita telah memberikan perhatian pada tubuh kita. Sehingga, ia juga pasti akan lebih mudah untuk kita ajak kembali fokus ketika telah cukup beristirahat.

  1. Amati sekitar dan peka terhadap gangguan

Seringkali setiap orang memiliki cara dan kebutuhan lingkungan yang berbeda untuk bisa  fokus. Gangguan yang ada di sekeliling kita bisa muncul dalam berbagai rupa dan bentuk. Penting bagi kita untuk bisa memahami dan mengenali jenis gangguan ini lho.

  1. Meditasi

Melakukan meditasi beberapa menit mampu memberikan ketenangan dan kejernihan dalam berpikir. Hal ini tentu saja akan membantu kita untuk kembali fokus dan bisa mengerjakan pekerjaan dengan lebih baik.

Baca Juga  Jantung yang Sehat untuk Hidup yang Lebih Bahagia

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *