Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kitapastibisa.id – Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut – Sehatq

Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut – Berkomunikasi dengan orang lain tentu akan sangatmengganggu jika kita memiliki bau mulut yang tak sedap. Meski bukan masalah medis yang sangat serius dan mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan, bau mulut sering menyebabkan seseorang kehilangan kepercayaan diri. Serta merasa khawatir bau mulut dapat mengganggu orang lain. Bau mulut tidak sedap atau halitosis juga berasal dari beragam hal. Namun studi menunjukkan, 80% bau mulut akibat adanya masalah pada kesehatan gigi dan mulut.

Bau mulut timbul karena sisa makanan, bakteri, dan kotoran dalam mulut. Sisa makanan yang ada dalam mulut terlalu lama akan hancur oleh bakteri sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Penyebab lainnya adalah kesehatan gigi yang tidak baik. Gigi berlubang dan masalah pada gusi seringkali menjadi penyebab keluarnya darah dari gusi sehingga mulut berbau tidak enak. Selain itu, bau mulut juga merupakan akibat dari kebiasaan seseorang. Seperti merokok, kurangnya kebersihan mulut, makanan atau minuman tertentu, dan diet yang berlebihan sehingga menyebabkan kekurangan karbohidrat. Wow, banyak juga ya penyebabnya dan sangat beragam.

Baca Juga  Inilah Yang Jarang Disadari Orang Ketika Lebaran

Baca Juga: Kenapa Islam Melarang Umatnya Menganggur?

Beberapa tips untuk membantumu mencegah dan mengatasi bau mulut.

Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Kitapastibisa.id – Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut – diedit
  1. Memperhatikan kesehatan gigi dan mulut

Memeriksakan secara rutin dengan kondisi mulut dan gigi kita sangat penting untuk dilakukan, setidaknya 6 bulan sekali. Sehingga jika ada sesuatu yang salah dengan kondisi gigi dan mulut kita, kita dapat melakukan pencegahan dan penanganan.

  1. Rajin Sikat Gigi

Membersihkan gigi dan mulut bisa dengan rutin sikat gigi. Sikatlah gigi dua kali dalam sehari. Dalam menyikat gigi, juga perlu melakukannya dengan baik dan benar menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride. Sangat baik jika kita juga menyikat gigi 15 – 20 menit setelah makan, khususnya jika banyak makanan yang terselip pada sela-sela gigi. Juga jangan lupa untuk menyikat lidah saat menggosok gigi. Pasta gigi yang berkualitas juga menentukan apakah proses sikat gigi kita baik atau tidak.

  1. Minum Air Putih yang Cukup

Rutin minum air putih dengan minimal 8 gelas perhari mampu menjaga keseluruhan tubuh kita, begitu juga dengan kesehatan gigi. Minum air putih yang cukup sehingga bakteri dan kotoran lain dalam mulut dapat dengan cepat dibersihkan.

Baca Juga  Antigravity Yoga, Olahraga Menantang Gravitasi

Artikel Terkait