Kulit Kopi di Sulap Menjadi Teh Bercita Rasa Tinggi

 Kulit Kopi di Sulap Menjadi Teh Bercita Rasa Tinggi

Kitapastibisa.id – Kulit Kopi di Sulap Menjadi Teh Bercita Rasa Tinggi – Ublik

Kulit Kopi di Sulap Menjadi Teh Bercita Rasa Tinggi – Kulit dari biji kopi rupanya bisa dijadikan teh yang punya cita rasa tinggi. Kulit yang sudah dipisahkan dari biji kopi itu diberi nama Cascara. Penampakannya sama seperti teh pada umumnya. Berwarna kuning mendekati merah dengan aroma khas. Aromanya bukan seperti teh dengan ciri khas sepat namun terasa harum selayaknya bunga rosella.

Sebagian orang mengenal cascara sebagai alternatif kopi bagi orang yang memiliki asam lambung, karena kadar kafeinnya sangat rendah. Tak hanya bisa dinikmati oleh penderita maag, cascara juga memiliki berbagai khasiat lainnya.

Cascara bisa menurunkan berat badan lalu menurunkan asam lambung, rasanya kecut seperti lemon tea cocok kalau pakai gula dan air dingin. Di samping itu, cascara juga dapat menurunkan sembelit, pengobatan batu empedu, hingga kanker.

Bagi sebagian orang Indonesia, Cascara mungkin terdengar asing. Tapi di Amerika Latin, petani kopi di sana sudah bertahun-tahun mengekspornya. Nama Cascara diambil dari bahasa Spanyol yang berarti kulit. Ya, Cascara adalah minuman yang terbuat dari kulit kopi.

Baca Juga  Mie Lethek Khas Bantul yang Masih Eksis Hingga Kini

Baca Juga: Mengamankan Bahan Baku Rumah Tangga Selama Masa Pandemi

Proses Pembuatan Teh Cascara Ternyata Sangat Sederhana

Kulit Kopi di Sulap Menjadi Teh Bercita Rasa Tinggi
Kitapastibisa.id – Kulit Kopi di Sulap Menjadi Teh Bercita Rasa Tinggi – Bukalapak

Cascara biasanya berasal dari kopi jenis arabica. Karena daging atau ceri kulit kopi arabica lebih tebal ketimbang jenis robusta dan rasanya jelas lebih asam. Syarat pembuatan cascara yakni kopi harus dipetik merah. Setelah petik merah, kopi-kopi tersebut memasuki proses perambangan di dalam sebuah bak berisi air. Proses tersebut bertujuan untuk mensortasi kopi.

Dalam proses perambangan di dalam air tersebut, kopi yang berada di bawah atau tenggelam yang dipilih. Proses tersebut sekaligus untuk pencucian kopi. Selanjutnya kopi melalui tahap pulper atau pemisahan kulit dengan biji kopi.

Kulit kopi yang sudah terpisah dari bijinya, selanjutnya tinggal dijemur dengan syarat harus dialiri udara dari atas dan bawah. Jika cuaca sedang cerah, proses penjemuran kulit ceri kopi memakan waktu sekitar tiga hari. Namun ketika cuaca mendung, proses penjemuran di bawah terik matahari bisa mencapai waktu hingga lima hari.

Baca Juga  Syahrini Kenakan Baju Serupa dengan Melanie Trump

Cascara yang sudah kering itu ditaruh di teko atau cangkir. Sesuai kebutuhan. Karena memang tak ada ukuran baku takaran. Cascara yang sudah siap itu lalu diseduh dengan air panas. Teh cascara pun siap dinikmati hangat-hangat.

Untuk menambah cita-rasa bisa ditambah tumbuhan herbal lainnya. Semisal bunga melati atau daun mint, tergantung selera. Jika suka manis, ditambah gula atau madu akan lebih pas.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *