Kopi Terbaik Produk Asli Indonesia

 Kopi Terbaik Produk Asli Indonesia

Kitapastibisa.id – Kopi Terbaik Produk Asli Indonesia – goodnewsfromindonesia

Kopi Terbaik Produk Asli Indonesia – Kopi khas yang dimiliki oleh Indonesia memiliki cita rasa unik tersendiri dari berbagai jenis kopi yang dimilikinya. Kopi menjadi salah satu komoditas pertanian terbesar yang menjanjikan bagi Indonesia dengan angka konsumsi nasional rata-rata 8,22% per tahun dan produksi tahunan yang mencapai 600 ribu ton. Dengan jumlah tinggi pasokan kopi tersebut, Indonesia sebagai salah satu produsen kopi yang banyak mengekspor kopi ke berbagai negara.

Kopi Indonesia dengan rasa khas yang tidak bisa ditemukan pada jenis kopi yang lainnya.

Baca Juga: Tokoh-Tokoh Wayang Khas Indonesia

  1. Kopi Toraja

Kopi Toraja dihasilkan dari daerah Sulawesi Selatan tepatnya di pegunungan Toraja ini menjadi salah satu jenis kopi Indonesia yang mendunia. Pada abad ke-18, komoditas kopi menjadi suatu hal yang penting bagi masyarakat Sulawesi Selatan. Ditambah lagi dengan Pegunungan di daerah Toraja yang memang terkenal sebagai lahan penghasil kopi terbaik seperti Kopi Arabika Toraja dan Kopi Arabika Robusta. Kopi ini memiliki citarasa keasaman dengan kadar yang khas dan citarasa yang memiliki unsur tanah atau hutan yang unik menjadi ciri utama kopi Toraja serta rasa khas Aroma kayu manis. Proses pengolahan kopi toraja ini masih menggunakan metode giling basah. Adapun beberapa negara yang menjadi tujuan utama ekspor kopi Toraja adalah Jepang dan Amerika.

  1. Kopi Gayo

Aceh juga merupakan salah satu penghasil jenis kopi terkenal yaitu Kopi Gayo. Kopi ini dihasilkan dari perkebunan kopi di wilayah dataran tinggi Gayo dengab rata-rata ketinggian 1.200 hingga 1.700 mdpl. Kopi ini dikenal akan jenis kopi Arabikanya yang unik dan khas serta tekstur rasa kopi seperti rempah-rempah. Biji kopi yang memiliki bentuk panjang ini akan melalui proses pengolahan dengan dimasak di oven. Masyarakat Aceh sendiri punya cara khusus dalam penyajian kopi secara tradisional yang khas, yaitu dengan merebus Kopi dan air dalam panci hingga mendidih, lalu dituang ke dalam gelas berisi susu dan gula.

  1. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani merupakan salah satu jenis kopi yang telah ada dan tumbuh subur di daerah dataran tinggi Kintamani, Bali. Kopi Kintamani memiliki tesktur rasa yang segar dan bercampur dengan rasa keasaman yang khas sekaligus cita rasa segar jeruk, dikarenakan oleh sistem penanaman biji kopi yang bercampur tanaman lainnya salah satunya dengan kebun jeruk. Proses pengolahan kopi ini pun dilakukan secara tradisional menggunakan metode irigasi Bali. Rasa kopi kintamani cenderung lebih lembut dan tidak berat, dengan dominasi rasa pahit dan asam, dengan rasa manis setelah diteguk serta memberikan aroram rasa asam citrus segar dan wangi bunga. Kopi ini sudah banyak diekspor ke berbagai negara seperti Jepang, Perancis, dan negara Eropa lainnya serta dan beberapa negara Arab.

  1. Kopi Papua Wamena

Kopi ini ditanam di Lembah Baliem pegunungan Jayawijaya Wamena pada ketinggian 2.000 mdpl dengan suhu udara berkisar 15-20 derajat celcius. Kopi ini ditanam menggunakan alat tradisional tanpa menggunakan pupuk kimia dan pestisida. Hal ini menjadikan kopi wamena sebagai kopi organik sehingga baik untuk kesehatan. Kopi Papua Wamena sendiri memiliki aroma yang khas, bertekstur lembut, tingkat keasaman yang sedang. Aroma unik seperti sensasi floral yang dimiliki kopi ini dimungkinkan karena proses penanaman yang tanpa bahan kimia apa pun.

  1. Kopi Flores Bajawa

Kopi Flores Bajawa merupakan salah satu jenis kopi yang telah banyak dikenal oleh para pecinta kopi di seluruh dunia. Kopi Bajawa ditanam oleh masyarakat lokal yabg sebagian besar adalah petani kopi di perkebunan kopi pada ketinggian 1.000-1.550 mdp yang berada di Kabupaten Ngada, Flores. Kopi ini tumbuh subur pada dataran tinggi yang disokong adanya abu vulkanik gunung berapi yang menyuburkan tanah tersebut. Kopi berjenis arabika ini memiliki ciri khas rasa nutty atau kacang-kacangan dan karamel yang khas. Tekstur dari kopi Bajawa juga cukup kental namun memiliki rasa medium yang tidak terlalu pahit atau asam dengan aroma fruity dan tembakau pada after taste-nya debgan kecenderungan aroma dominan cokelat dan vanili. Sebagian besar ekspor kosmoditas kopi ini bertujuan ke negara Amerika.

Baca Juga  Rizky Febian Sukses Meraih Penghargaan MAMA 2020

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *