Kopi Luwak, Kopi Asli Indonesia?

 Kopi Luwak, Kopi Asli Indonesia?

kitapastibisa.id – Kopi Luwak, Kopi Asli Indonesia? -FajarSumatra

Kopi Luwak, Kopi Asli Indonesia? – Kopi adalah salah satu minuman yang paling di gemari oleh penduduk Indonesia, bahkan semua orang di dunia. Bagi para pecinta kopi kalian pasti sudah tau dengan kopi luwak yang harganya lumayan menguras budget. Selain rasanya nikmat dan wangi, kopi luwak memiliki kadar kafein dan asam yang rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh perut.

Penemuan terkait dengan sejarah Indonesia pada masa kolonial Belanda. Pada abad-18 Belanda mendatangkan bibit kopi Arabica dari Yaman untuk ditanam di tanah Jawa dan Sumatera. Dengan sistem tanam paksa (cultuurstelsel) penduduk pribumi mulai menanam kopi. Namun pihak kolonial melarang petani pribumi untuk memetik buah kopi untuk konsumsi pribadi. Kemudian pekerja perkebunan mulai menemukan bahwa ada sejenis musang yang gemar memakan kopi namun meninggalkan bijinya yang masih utuh dan terbungkus kulit ari dalam
kotorannya.

Baca Juga: Mengenal Reza Rahardian Dari Sudut Pandang Hanung

Kopi Yang Berasal Dari Kotoran Luwak

Minuman ini memiliki rasa yang lebih halus dari kopi pada umumnya, diduga hal ini disebabkan oleh proses fermentasi dalam perut luwak. Kopi luwak Indonesia adalah salah satu minuman mewah yang diekspor dengan harga yang sangat tinggi.

Baca Juga  Tips Konsumsi Jenis Buah Selama Musim Panas

Tidak semua orang dapat mengapresiasi minuman ini karena banyak yang merasa jijik dengan bahan dasarnya yang berasal dari kotoran hewan luwak. Karena itu, minuman ini juga mendapat julukan buruk di berbagai negara. Istilah yang paling banyak digunakan oleh media US adalah ‘cat poop coffee‘.

Sistem pencernaan luwak sangat sederhana dan cepat, sehingga pada kotorannya selalu tertinggal biji-bijian yang masih utuh. Mereka memakan buah kopi untuk dicerna kulit atau daging buah kopi namun tidak mencerna bijinya dan dikeluarkan melalui sistem pembuangan pecernaannya. Enzim dalam sistem pencernaan Luwak mampu mengurangi kadar asam pada biji kopi, sehingga biji kopi yang dihasilkan menjadi biji kopi kualitas terbaik.

Kopi luwak memiliki bermacam manfaat buat kesehatan, beruntunglah apabila kamu termasuk orang yang gemar mengonsumsi kopi termahal itu. Kandungan kafein pada kopi Luwak dapat memberikan perlindungan terhadap mulut dan gigi, karena mengandung anti bakteri dan anti lengket yang dapat mencegah bakteri penyebab gigi berlubang.

Kopi luwak juga bisa mengurangi resiko terserang penyakit kanker kulit akan sampai dengan 17%. Jika rutin mengkonsumsi kopi Luwak dua cangkir sehari. The Journal of Nutrition, pernah mempublikasikan hasil sebuah penelitian yang menyatakan bahwa risiko kanker payudara utamanya bagi mereka yang telah memasuki masa menopause dapat dicegah dengan rutin minum 4 gelas kopi luwak dalam sehari.

Baca Juga  Tips Menerapkan Pola Makan Seimbang

Penyakit syaraf (Alzheimer) dan Parkinson dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi manfaat kopi luwak, karena manfaat antioksidan yang dimilikinya dapat mencegah rusaknya sel yang terkait dengan penyakit Parkinson, sedangkan kafeinnya dapat mengurangi peradangan pada otak yang menjadi penyebab penyakit Alzheimer.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *