Konsumsi Coklat Ternyata Baik untuk Kesehatan Tubuh

 Konsumsi Coklat Ternyata Baik untuk Kesehatan Tubuh

kitapastibisa.id – Konsumsi Coklat Ternyata Baik untuk Kesehatan Tubuh – muthscandy

Siapa sih yang tidak suka manis dan legitnya coklat? Selain menjadi makanan favorit bagi kebanyakan anak-anak, ternyata mengkonsumsi makanan manis ini juga sangat baik untuk konsumsi tubuh loh.

Kandungan zat dalam coklat yang beragam juga yang menjadikan coklat baik dikonsumsi dan juga memberikan dampak baik juga bagi kesehatan, antara lain :14% kandungan karbohidrat, 9% protein (terdiri dari zat protein, fenilalanin, asam amino triptofan dan tyrosin), 31% lemak zat-zat lain, seperti  alkanoid (zat yang menyebabkan coklat terasa pahit).

Nah, apa saja sih manfaat coklat untuk kebaikan tubuh ? Yuk disimak!

Baca Juga: Bocah Kelas 4 SD Rela Menabung Demi Berqurban

  1. Coklat Baik untuk Jantung

Konsumsi coklat ternyata sangat baik untuk tubuh dan jantung lho. Coklat merupakan olahan dari biji kakao. Biji kakao inilah yang ternyata memiliki kandungan flavanoid. Flavanoid adalah zat yang memiliki kandungan antioksidan yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, flavanoid yang terdapat di dalamnya juga dapat membantu mengobati alergi, infeksi virus, arthritis, dan kondisi peradangan tertentu.

  1. Meningkatkan Produksi Insulin

Insulin adalah sebuah hormon polipeptida yang mengatur metabolisme karbohidrat. Selain merupakan “efektor” utama dalam homeostasis karbohidrat, hormon ini juga ambil bagian dalam metabolisme lemak (trigliserida) dan protein – hormon ini bersifat anabolik yang artinya meningkatkan penggunaan protein. Hormon tersebut juga memengaruhi jaringan tubuh lainnya.

Baca Juga  Menikmati Minuman Ala Cafe di Rumah

Hormon insulin merupakan bagian penting dari sistem metabolisme tubuh. Tanpa hormon insulin, sel-sel akan kekurangan energi dan harus mencari sumber penggantinya.

Insulin adalah hormon alami yang diproduksi oleh pankreas. Ketika kita makan, pankreas melepaskan hormon insulin yang memungkinkan tubuh mengubah glukosa menjadi energi dan disebarkan di seluruh tubuh. Hormon yang satu ini juga membantu tubuh menyimpan energi tersebut.

  1. Memperbaiki Mood

Coklat sangat baik dikonsumsi ketika mood atau perasaan kita sedang dalam situasi yang tidak baik lho. Makanan manis satu ini juga mengandung kafein (meskipun tidak sebanyak kopi) yang merupakan alkaloid, theobromine dan phenylethylamine yang sangat efektif dalam mengatur suasana hati. Cokelat juga mengandung tryptophan yang  memiliki efek menenangka, khususnya pada kasus stress atau dalam keadaan tegang yang menjadikan emosi tidak terkontrol.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *