Kisah Sahabat Nabi yang Masih Hidup Hingga Kini

 Kisah Sahabat Nabi yang Masih Hidup Hingga Kini

kitapastibisa.id – Kisah Sahabat Nabi yang Masih Hidup Hingga Kini

Sahabat Nabi – Ia berumur sekitar 1400 tahun. Sejak Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam masih kecil, ia sudah menjadi kawan Nabi. Kala itu, Muhammad yang masih kecil tengah ikut berdagang bersama pamannya, Abu Thalib. Sekitar 150 kilometer dari Kota Amman, tepatnya di Yordania, mereka bersua.

Muhammad bersama rombongan dagang pamannya beristirahat di sebuah pohon kokoh lagi rindang. Mereka berlindung di bawah pohon itu dari cuaca padang pasir yang terik. Sebelumnya Nabi yang kala itu berumur sekitar 9 atau 12 tahun bertemu seorang biarawan Nasrani bersama Bahira. Dia adalah orang yang mengajak rombongan dagang paman Rasul untuk beristirahat di bawah pohon itu.

Tatkala beristirahat di bawah pohon, Bahira memiliki firasat bahwa ia akan berjumpa dengan Rasul terakhir. DIperhatikannya seluruh rombongan dagang tersebut. Namun, ia tak mendapati apa yang ia cari. Tidak terlihat dari orang-orang tersebut memiliki tanda kenabian.

Akhirnya diketahui bahwa ada satu rombongan lagi yang tertinggal di belakang dan tidak ikut bersama mereka. Akhirnya Bahira pergi mencari rombongan tersebut dan meminta Muhammad untuk tinggal sebentar di bawah pohon tersebut. Namun, apa yang Bahira lihat saat ia hendak pergi membuatnya terperangah. Tiba-tiba pohon tempat ia bernaung merunduk melindungi Nabi Muhammad kecil.

Baca Juga  Melihat Kepribadian Muslim dari Cara Ia Berbicara

Saat itu Bahira yakin bahwa anak kecil berumur 12 tahun yang dibawa oleh Abi Thalib merupakan nabi yang diramalkan. Bahira lantas mengajak anak tersebut makan bersama. Kemudian Bahira meminta Abi Thalib untuk menjaga anak itu lantaran kelak ia akan membawa berkah bagi umat manusia.

Siapakah Sahabat Nabi Itu?

Sahabi, Saksi Pertemuan Nabi dan Bahira
Ia bernama Sahabi. Ia menjadi saksi kala Nabi shallallahu alaihi wa sallam bertemu biarawan Nasrani. Ia tunduk melindungi nabi kala ia berteduh. Ia bertemu sang calon nabi kala ia masih kecil. Ialah Sahabi, sang pohon rindang di Tanah Yordania. Sejak ia bertemu nabi pertama kali hingga sampa saat kini, Sahabi masih hidup di tengah terik matahari.

Begitulah keistimewaan sahabat Nabi yang satu ini. Meski sudah ribuan tahun hidup, pohon ini tetap rindang lagi sejuk.

Pangeran Ghazi bin Muhammad merupakan orang yang menemukan Sahabi pertama kali. Kala ia ditugaskan oleh Raja Hussein untuk bekerja di Perpustakaan Kerajaan sahabat nabi yang satu itu. Pengetahuan Ghazi akan sejarah ia sangat luas. Ia mempelajari arsip negara serta sejumlah literatur, termasuk dokumen sejarah pada masa Raja Abdullah I. Ia mendapati bahwa pohon Sahabi tidak masuk ke dalamnya.

Baca Juga  Keris Senjata Tradisional Indonesia

Ghazi yakin bahwa pohon yang terletak di wilayah Safawi Provinsi Zarqa inil adalah pohon yang diyakini sebagai tempat pertemuan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dengan Pendeta Buhaira.

Hingga kini, Sahabi mendapat julukan ‘The Only Living Sahabi’ yang artinya satu-satunya sahabat nabi yang hidup hingga kini.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *