Kisah Inspiratif Presiden Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie

 Kisah Inspiratif Presiden Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie

Kitapastibisa.id – Kisah Inspiratif Presiden Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie

Bacharuddin Jusuf Habibie atau biasa disingkat B.J. Habibie yang merupakan Presiden Republik Indonesia ke-3 meninggalkan banyak kenangan dan pelajaran hidup bagi kita semua.

Kejeniusan Bacharuddin Jusuf Habibie juga sudah tidak perlu dipertanyakan. Kecerdasannya dalam bidang teknologi dan sains patut diacungi jempol. Bahkan dia pernah menciptakan pesawat yang menjadi salah satu aset bangsa Indonesia.

Kisah Inspiratif Bacharuddin Jusuf Habibie

Kesuksesan B.J. Habibie yang sekarang tentu didapatkannya dengan kerja keras. Habibie memanfaatkan waktunya hanya untuk belajar, bekerja dan beribadah. Baginya belajar sungguh-sungguh akan menjadi kunci dirinya untuk dapat bekerja suatu saat nanti, sekaligus agar dia dapat membalas jerih payah ibunya yang telah bekerja keras untuk menyekolahkannya.

Setiap harinya Habibie menghabiskan waktu selama 4 jam untuk tidur. Pada peluncuran buku biografinya pada tahun 2015, Habibie bercerita bahwa dia sudah terbiasa tidur dengan waktu yang sangat singkat semenjak kecil.

Baca Juga  Rajin Menabung Belasan Tahun, Saefudin dan Hani Mampu Pergi Haji

B.J. Habibie memilih untuk tidak menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Dia menghabiskan waktunya untuk menjelajah ataupun mengeksplorasi hal-hal yang membuatnya tertarik dan mengundang rasa penasaran, sehingga mampu membuatnya memecahkan ataupun mencari jawaban atas hal-hal tersebut.

Bacharuddin Jusuf Habibie menghabiskan tenaga dan pikirannya untuk membuat pemerintah Indonesia tersadar akan ketergantungannya pada teknologi khususnya industri Dirgantara pada masa itu. Habibie tidak mendapat dukungan dari teman-temannya. Namun dia tetap berjuang dan tidak patah semangat mewujudkan mimpinya itu.

Habibie memiliki sifat yang rendah hati dan mudah bersosialisasi dengan orang-orang baru. Dia juga aktif berorganisasi.

Pada tahun 1973, Bacharuddin Jusuf Habibie berhasil menjabat sebagai Vice President sekaligus Direktur Teknologi di salah satu Perusahaan Pesawat Jerman (MBB). Namun, ditengah masa kesuksesannya di Jerman, ia dipanggil pulang ke tanah air oleh Presiden Soeharto.

Tanpa memandang jabatannya yang sedang dia pegang, Habibie memenuhi panggilan Presiden Soeharto untuk pulang ke Indonesia meskipun dia harus melepaskan jabatannya sebagai Vice President sekaligus Direktur Teknologi di MBB.

Hal ini dilakukan Habibie untuk menyalurkan ilmu dan teknologi yang telah dia dapatkan dari luar negeri untuk membangun bangsa dan negara Indonesia, yang merupakan tempat dia lahir.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *