Khasiat Tanaman Herbal Menangkal Virus

 Khasiat Tanaman Herbal Menangkal Virus

kitapastibisa.id – Khasiat Tanaman Herbal Menangkal Virus – NetralNews

Di Indonesia ternyata banyak macam tanaman herbal yang dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Bahkan ada juga tanaman herbal yang dipercaya bisa menangkal virus yang sedang melanda negeri kita sekarang ini.

 Seperti jahe merah, yang tumbuh subur di Indonesia bisa dimanfaatkan untuk melawan virus corona yang tengah mewabah di dunia. Presiden Jokowi sempat membagikan resep sehatnya kepada publik, yang selama ini selalu tampil bugar rutin mengonsumsi ramuan herbal demi menjaga tubuh tetap fit.

Selain jahe merah ramuan tradisional khas Indonesia, empon-empon di media sosial sempat viral sebagai minuman berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh. Empon-empon atau jamu tradisional terdiri dari bahan baku dan rempah seperti jahe, kunyit, temulawak dan kencur. Nenek moyang kita memanfaatkan tanaman yang termasuk kelompok empon-empon untuk pengobatan tradisional dan bumbu masakan. Namun kini penggunaannya meluas ke industri makanan, minuman, perawatan tubuh, dan kosmetika untuk perawatan kecantikan.

Baca Juga: Negara Paling Dingin Di Dunia

Obat Alami untuk Menangkal Virus

Obat alami untuk menangkal virus corona yang pertama dan paling banyak dicari adalah bawang. Hal ini juga yang membuat harga bawang putih, hingga bawang bombay merangkak naik. Pasalnya, bawang putih memiliki zat allicin, atau senyawa sulfur organik yang bersifat antimikroba yang hebat. Allicin juga bisa melawan infeksi, menyehatkan tekanan darah, dan bertindak sebagai antioksidan.

Baca Juga  Brand Fashion Dunia Kompak Membuat APD Gratis

Temulawak ternyata juga disebut-sebut mampu menangkal virus corona, yang juga mengandung curcumin. Kamu bisa mengonsumsi obat alami seperti temulawak untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Karena pada dasarnya, virus corona lebih menyerang orang yang daya tubuhnya lemah. Jika diminum secara rutin temulawak dapat juga menurunkan kadar kolestrol di dalam darah. Menyehatkan saluran pencernaan Jamu temulawak banyak dikonsumsi oleh penderita masalah saluran cerna, misalnya irritable bowel syndrome (IBS) yang ditandai dengan perut kembung berisi gas.

Saat mengunjungi Kampung Jamu di Wonolopo, Mijen, Kota Semarang, baru-baru, Ganjar mendapat suguhan beraneka macam jamu tradisional. Salah satu yang menarik perhatiannya adalah Jamu Corona. Minuman itu diracik dari campuran jahe, temulawak, kunyit dan sereh. Ganjar segera meminum habis jamu itu sebelum menjajal minuman herbal lainnya, wedang uwuh. Di Kampung Jamu Wonolopo, hampir sebagian besar masyarakatnya adalah peracik jamu. Hampir di setiap rumah, masyarakat memproduksi sendiri jamu-jamu tradisional itu, kemudian menjual kepada masyarakat luar kampung.

Meskipun tanaman herbal di atas memiliki kandungan antiviral yang dapat membasmi virus, tetapi masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk membuktikan khasiatnya. Tanaman herbal pembunuh virus tersebut tidak bisa menggantikan obat dari dokter. Tetap konsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter dan konsultasikan padanya jika Anda mengalami gangguan kesehatan tertentu. Bila Anda ingin menggunakan tanaman herbal pembunuh virus di atas sebagai pengobatan tambahan, diskusikanlah dengan dokter sebelum menggunakannya.

Baca Juga  Cinta Itu Dipupuk, Bukan Hadir Tanpa Usaha

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *