Kevin Sanjaya, Kisah Hidup Pemain Bulu Tangkis

 Kevin Sanjaya, Kisah Hidup Pemain Bulu Tangkis

Kitapastibisa.id – Kevin Sanjaya, Kisah Hidup Pemain Bulu Tangkis

Kevin Sanjaya Sukamuljo atau yang dikenal sebagai Kevin Sanjaya lahir di Banyuwangi pada 2 Agustus 1995. Kevin merupakan putra pasangan Sugiarto Sukamuljo dan Winartin Niawati. Bakat bermain bulu tangkis Kevin sudah terlihat sejak ia masih sangat muda. Saat TK, caranya bermain bulu tangkis sudah sangat mahir. Sang ayah kemudian berinisiatif untuk mencari pelatih di Jember untuk melatih Kevin agar ia dapat lebih mengembangkan bakat bulu tangkisnya.

Kisah Hidup Kevin Sanjaya

Kevin berlatih bulu tangkis seminggu empat kali dan harus bolak balik Banyuwangi-Jember selama setahun. Tetapi karena tidak efisien, sang ayah berinisiatif mencari pelatih yang berada dekat dengan lokasi mereka. Kemudian Kevin bergabung di klub PB Sari Agung, Banyuwangi hingga kelas 6 Sekolah Dasar (SD).

Pada 2006, Kevin mengikuti Audisi Umum PB Djarum, namun gagal. Kevin tidak menyerah dan mencoba lagi tahun berikutnya. Untuk memperbaiki kualitas permainan Kevin, sang ayah menambah jam latihan Kevin yang tadinya seminggu empat kali menjadi setiap hari. Akhirnya, Kevin lolos audisi pada 2007 saat berusia 11 tahun.

Baca Juga  Peran Srikandi Indonesia Dalam Kemerdekaan

Selama enam tahun bergabung di PB Djarum, Kevin sempat mencoba nomor tunggal. Ia pernah mengalami kekalahan di pertandingan. Perlahan prestasi Kevin mulai terlihat hingga terpilih masuk pelatnas Cipayung, Jakarta pada 2013.

Selama empat tahun di pelatnas, Kevin Sanjaya pernah dipasangkan dengan Masita Mahmudin dan pernah juga berpasangan Greysia Polli di sektor ganda campuran, sebelum kemudian dipasangkan dengan Marcus Fernaldi Gideon di ganda putra. Selama itu, Kevin sudah menorehkan berbagai prestasi, diantaranya seperti gelar pada Malaysia Masters, India Terbuka, Australia Terbuka, China Terbuka hingga All England bersama Marcus Gideon.

Pada tahun 2017, bersama Marcus Fernaldi Gideon ia mendapatkan penghargaan dari BWF sebagai pemain bulu tangkis terbaik seluruh dunia. Kevin Sanjaya Sukamuljo terkenal dengan permainan yang cepat, agresif, full attack, dan memiliki serangan yang sangat sadis terhadap lawannya. Ia merupakan salah satu pemain yang suka menipu lawan lewat gerakannya, salah satunya dengan melakukan servis flick yang kerap kali membuat lawan emosi.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *