Kenali Manfaat Teh yang Baik untuk Tubuh

 Kenali Manfaat Teh yang Baik untuk Tubuh

Kitapastibisa.id – Kenali Manfaat Teh yang Baik untuk Tubuh – Infosehat

Kenali Manfaat Teh yang Baik untuk Tubuh – Mencukupi kebutuhan dan nutrisi bagi tubuh ternyata dapat memberikan manfaat yang baik tidak hanya bagi fisik namun juga pikiran lho. Salah satu minuman yang baik untuk kita konsumsi sehari-hari adalah teh.

Teh merupakan minumam paling umum dan paling sering dikonsumsi. Melansir dari CNN Indonesia, faktanya menurut data Asiosiasi Industri Minuman Ringan (Asrim) tahun 2014 lalu, orang Indonesia mengonsumsi sebanyak 2 miliar liter atau sebanyak 1.07 pon (0,5 kg) daun teh per orang setahun. Teh yang paling sering kita nikmati berasal dari tanaman teh atau Camellia sinensis. Teh yang berasal dari tanaman ini antara lain adalah teh hijau, teh hitam, teh putih, dan teh oolong. Bentuk dan kepekatan warna teh ini berbeda-beda karena tingkat oksidasinya yang berbeda.

Teh memiliki kandungan utama polifenol (katekin), kafein, asam amino, dan juga asam lemak omega-3 dan omega-6. Teh juga memiliki kandungan folat dan beberapa mineral seperti magnesium, fosfor, kalium, mangan, dan fluoride. Setiap jenis teh yang berasal dari Camellia sinensis memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda.

Baca Juga  Diet Sehat dengan Mengonsumsi Telur Rebus

Baca Juga: Yuk Intip! Manfaat Ketika Kamu Berkebun di Rumah

Teh memiliki manfaat sebagai berikut.

Kenali Manfaat Teh yang Baik untuk Tubuh
Kitapastibisa.id – Kenali Manfaat Teh yang Baik untuk Tubuh
  1. Meningkatkan konsentrasi

Teh memiliki kandungan kafein yang berfungsi untuk merangsang sistem saraf pusat dan melancarkan peradaran darah ke otak. Hal ini lah yang membuat kafein bisa membuat kita lebih ‘melek’. Kandungan kafein teh lebih rendah daripada kopi dan justru membuatnya lebih ideal untuk dikonsumsi.

  1. Menjaga fungsi kognitif otak

Manfaat teh untuk otak ternyata bukan hanya untuk jangka pendek, tetapi juga untuk jangka panjang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dalam teh hijau dapat melindungi otak dan menurunkan risiko penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson yang merupakan penyakit neurodegeneratif.

  1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Tanaman teh terutama teh hijau memiliki kandungan polifenol yang baik untuk kesehatan mulut. Maka dari itu kandungan teh hijau banyak digunakan untuk produk pasta gigi atau pewangi mulut. Menjaga kesehatan gigi dan mulut juga merupakan salah satu khasiat teh. Selain itu, kandungan antioksidan dalam teh juga dapat membunuh bakteri yang dapat menyababkan berbagai masalah gigi dan mulut. Konsumsi teh secara rutin juga dapat menurunkan risiko karies gigi, meningkatkan kesehatan gigi, dan mengatasi bau mulut.

  1. Menurunkan risiko diabetes

Manfaat teh lainnya adalah dapat menurunkan risiko diabetes. Sebuah penelitian membuktikan bahwa teh seperti teh hijau dan teh hitam memiliki kemampuan untuk menurunkan gula darah. Dengan mengonsumsi teh, kadar gula dapat diredam. Teh dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin sehingga diabetes pun dapat dicegah.

  1. Menurunkan tekanan darah

Selain menurunkan kadar gula darah, teh juga mampu untuk membantu menurunkan tekanan darah. Berdasarkan sebuah penelitian, konsumsi teh hitam rutin dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Selain konsumsi teh, menerapkan perubahan pola hidup yang lebih sehat juga wajib untuk mendapatkan hasil yang signifikan.

Baca Juga  Bagaimana Jika Tidak Sengaja Makan Makanan Berjamur?

Artikel Terkait