Kekuatan Kalimat Tauhid: Ringan Diucapkan, Berat di Timbangan

 Kekuatan Kalimat Tauhid: Ringan Diucapkan, Berat di Timbangan

Kitapastibisa,id – Kekuatan Kalimat Tauhid: Ringan Diucapkan, Berat di Timbangan – Pinterest

Kekuatan Kalimat Tauhid: Ringan Diucapkan, Berat di Timbangan – Dalam sebuah hadis, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengisahkan seorang umatnya kala menghadapi hari akhir. Hari itu, laki-laki melihat catatan amalnya dibentangkan di hadapannya.

Alangkah kagetnya ia saat mengetahui sedikit sekali amalan baiknya. Sekitar 99 kartu amalan dibentangkan. Setiap kartu terbentang sejauh mata memandang. Itulah amalan buruknya. Tidak ada yang bisa ia sangkal dari penghakiman Allah subhanahu wa ta ala.

Lantas, Allah mengeluarkan satu kartu amalan. Kartu itu bertuliskan kalimat tauhid, “laa ilaha ilallah wa anna muhammadan ‘abduhu wa rosulullah”. Kartu itu merupakan kartu di antara kartu catatan amalan buruk milik laki-laki tersebut. Kemudian, kartu bertuliskan kalimat tauhid tersebut ditimbang dengan kartu amalan buruk.

Ternyata, kartu kalimat tauhid tersebut lebih berat dari seluruh amalan buruknya. Ia menjadi umat Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam yang selamat dari siksa api neraka. Hadis tersebut disampaikan ‘Abdullah bin ‘Amr, dinukil dari hadis riwayat Ibnu Majah nomor 4300.

Baca Juga  Tetap Melakukan Shalat Malam Setelah Bulan Ramadhan

Saat Wahab bin Munabbih rahimahullah ditanya apakah kalimat tauhid adalah kunci surga, beliau menjawab,

“Benar. Akan tetapi, tidak ada sebuah kunci kecuali pasti memiliki gerigi. Jika Engkau memasukinya dengan kunci yang memiliki gerigi, maka pintu tersebut akan terbuka. Namun jika tidak memiliki gerigi, maka pintu tersebut tidak akan terbuka.” [HR. Bukhari dengan shighat ta’liq di Kitab Al-Janaiz, Bab “Man Kaana Akhiru Kalaamihi Laa ilaaha Illallah”, 5/76].

Baca Juga: Bagaimana Hukum Salat Berjamaah Saat Normal Baru?

Kekuatan Kalimat Tauhid

Dalam kehidupan beragama umat muslim, kalimat tauhid memiliki posisi yang khusus. Selain sebagaimana hadis sebelumnya menjelaskan keunggulannya, kalimat tauhid memiliki makna dan manfaat yang luar biasa.

Kita mengetahui bahwa kalimat tauhid merupakan bentuk iman Allah subhanahu wa ta ala dan beriman kepada Nabi Muhamad. Kalimat tersebut juga membuktikan bahwa seseorang telah masuk kepada agama Islam. Lantas, apa keutamaan lain dari kalimat tersebut?

Mengutip kitab ar-Risalah al-Qusyairiyyah  karya Imam al-Qusyairi, setidaknya ada 3 kekuatan dan keutamaan kalimat tauhid. Pertama, sebagai pintu rezeki. Imam al-Qusyairi menyebut, zikir kalimat tauhid 1000 kali dapat membukakan pintu rezeki.

Baca Juga  Kewajiban Menuntut Ilmu Dalam Agama

Jika diucapkan sebelum tidur sebanyak 1000 kali, maka ruh dari orang tersebut akan bersemayam di surga. Imam al-Qusyairi menyebut bahwa orang tersebut akan mengambil asupan dari surga sekuat-kuatnya.

Ketiga, bila diucapkan di siang hari sebanyak jumlah yang sama, maka setan akan menjauh. Allah akan memberikan perlindungan dari godaan setan seperti menyingkirkan kejahatan dan membersihkan hamba-Nya.

Artikel Terkait