Kegiatan Asyik yang Mampu Meningkatkan Kinerja Otak

 Kegiatan Asyik yang Mampu Meningkatkan Kinerja Otak

Kitapastibisa.id – Kegiatan Asyik yang Mampu Meningkatkan Kinerja Otak – Hellosehat

Kegiatan Asyik yang Mampu Meningkatkan Kinerja Otak – Tubuh dan pikiran yang sehat merupakan dambaan setiap orang. Memiliki keduanya merupakan sebuah proses yang bisa dicapai dengan memperhatikan pola makan, pola hidup, dan juga yang cukup penting adalah olahraga.

Ada sebuah studi yang meneliti mengenai hubungan antara olahraga dan kesehatan otak. Dalam studi tersebut, para ahli mengulur perubahan kognitif dalam otak anak muda dan orang yang telah melewati usia 40 tahun. Kemudian, para ahli menemukan perbedaan yang amat mencolok yang melibatkan peran mental. Contohnya, seperti mengerjakan tugas yang membutuhkan pemecahan masalah, perhatian, pemikiran tinggkat tinggi, hingga pengambilan keputusan.

Menurut para ahli, orang yang berusia 40 tahun ke atas, perlu energi yang lebih besar untuk menjalankan fungsi area tersebut dibandingkan dengan orang di usia muda. Dengan kata lain, mereka yang di atas 40 tahun perlu energi lebih besar untuk menyelesaikan suatu tugas yang sama.

Subjek penelitian di atas 40 tahun yang diharuskan berolahraga, memiliki kemampuan perhatian dan pengambilan keputusan yang lebih cepat. Singkat kata, otak mereka bekerja layaknya orang di usia muda. Lantas kegiatan apa saja yang bisa berdampak pada kesehatan otak selain olahraga?

Baca Juga  Tips Menjaga Kondisi Gadget Agar Tetap Sehat

Baca Juga: Tteokbokki Jajanan Populer Asal Korea Selatan

Berikut beberapa kegiatan yang bisa membantu meningkatkan fokus dan kinerja otak

  1. Membaca

Membaca merupakan sebuah kegitan yang sangat baik untuk berbagai usia, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga lansia. Banyak sekali manfaat dari membaca ini, mulai dari meningkatkan fokus, menambah wawasan, mengembangkan imajinasi, serta melatih daya ingat kita semakin tajam.

  1. Mendengarkan Musik

Mendengarkan serta bermain alat musik juga merupakan sebuah cara untuk bisa melatih otak mencapai tingkat maksimalnya. Tidak heran dong, kalau bahkan sejak seorang anak di dalam kandungan, banyak sekali saran bagi ibu hamil untuk rajin mendengarkan musik guna menumbuhkan sensitifitas bayi serta dipercaya baik untuk perkembangan otaknaya.

  1. Berkomunikasi dengan Orang Lain

Selain karena memang manusia adalah makhluk sosial dan menjalin komunikasi dengan orang lain adalah sebuah kebutuhan. Ternyata, rajin melakukan interaksi dan membangun sebuah percakapan juga menjadi hal baik untuk kinerja otak itu sendiri. Hal ini juga bisa meminimalkan risiko kita terkena alzheimer.

Baca Juga  Menjadi Bagian dari Perubahan untuk Menjaga Bumi

Artikel Terkait