Kebun Kumara Bersama Menghidupkan Pertanian Muda

 Kebun Kumara Bersama Menghidupkan Pertanian Muda

Kitapastibisa.id – Kebun Kumara Bersama Menghidupkan Pertanian Muda – kebunkumara.id

Kebun Kumara Bersama Menghidupkan Pertanian Muda – Generasi muda Indonesia tidak boleh lupa bahwa pertanian dan agraria merupakan jati diri dan denyut nadi bangsa ini. Seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi serta adanya ketimpangan pemahaman bahwa bertani dan menjadi petani merupakan pekerjaan yang dekat dengan kemiskinan, maka generasi muda semakin sulit untuk bisa mengenal dan menghargai profesi petani.

Di lain sisi, harapan untuk kembali menyadarkan potensi Indonesia pada pertanian selalu ada. Anak-anak muda yang kemudian memilih jalan untuk kembali bercokol dengan tanah terus bermunculan untuk sebuah pergerakan kembali pada kehidupan yang secukupnya dan kembali selaras dengan alam. Jumlah mereka yang tertarik dengan dunia pertanian masih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah generasi muda (usia produktif) di Indonesia.

Baca Juga: Jenis cacing yang berbahaya bagi kesehatan

Pendirian Kebun Kumara didasari minimnya minat generasi muda untuk bertani.

Kebun Kumara Bersama Menghidupkan Pertanian Muda
Kitapastibisa.id – Kebun Kumara Bersama Menghidupkan Pertanian Muda – paktanidigital

Selain masalah ketertarikan, luas lahan juga sering dianggap sebagai masalah besar dalam pertanian, terutama di wilayah perkotaan. Didirikan oleh Soraya Cassandra, akrab dipanggil Sandra. Kata “Kumara” sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, yang berarti “generasi yang akan datang”. Awalnya, pendiriannya memang didasari oleh keresahan Sandra terhadap minimnya minat generasi muda di Indonesia untuk bertani. Harapannya, Kebun Kumara dapat dijadikan sebagai wadah bagi generasi muda untuk memahami pentingnya bercocok tanam.  Sandra juga menemukan masalah lain, yaitu sempitnya lahan pertanian di daerah perkotaan. Serta banyaknya masalah sampah, baik organik maupun non-organik, yang tidak kunjung usai.

Baca Juga  Langkah untuk Menjaga Konsentrasi dan Kesadaran

Kebun Kumara merupakan sebuah tempat agro-wisata di pinggiran Kota Jakarta Selatan. Menjadi bukti bahwa bertani di wilayah perkotaan adalah hal yang sangat mungkin dilakukan. Ini terbukti dari luas Kebun Kumara yang hanya seluas 1,5 hektar tapi memberikan banyak manfaat bagi banyak orang.

Apa yang dilakukan oleh Kebun Kumara adalah sebuah penawaran untuk belajar lebih mengenai pendidikan lingkungan hidup dan pelestarian alam dengan tema pelatihan yang beragam, seperti berkebun, belajar Ecobrick dan COB (membangun dengan semen organik). Kami menyelenggarakan pelatihan dengan anak-anak sekolah, mahasiswa, komuntias dan masyarakat umum.

Bergotong-royong dalam belajar adalah hal yang penting yang dipercaya untuk bisa berkontribusi bagi lingkungan sekitar dan dunia pertanian. Mereka juga kemudian menjadi wadah untuk para Relawan untuk berkembang dan belajar tentang alam.

Artikel Terkait