Karakter Superhero Asli Indonesia

 Karakter Superhero Asli Indonesia

Kitapastibisa.id – Karakter Superhero Asli Indonesia – Idntimes

Karakter Superhero Asli Indonesia – Ditengah kepopuleran berbagai Karakter Superhero dari Film-film serta Komik asal Luar negeri, siapa sangka kalau Indonesia juga punya superhero yang tidak kalah hebatnya dari superhero karya luar. Ceritanya pun tidak kalah seru dengan kekuatan super juga tekad mulia untuk mengalahkan kejahatan. Sayangnya ada beberapa tokoh superhero ini tidak begitu populer lagi karena banyak yang tidak mengetahui sebenarnya tokoh superhero asal Indonesia ini. Sejarahnya Tokoh superhero Indonesia sudah ada sejak 1970-an, dimana kala itu, superhero ini tampil dalam komik bergambar hitam putih maupun warna.

Baca Juga: Berbagai Pilihan Investasi yang Menjanjikan

Berikut beberapa karekter superhero asli Indonesia.

  1. Gundala Putra Petir

Superhero ini merupakan tokoh komik buatan Hasmi yang pertama kali muncul tahun 1969. Kekuatannya adalah mengeluarkan petir dari kedua telapak tangannya. Kisahnya bermula saat Sancaka seorang peneliti jenius tersambar petir dan mengalami koma. Hal tersebut membawanya ke sebuah planet dan mempertemukannya dengan Kaisar Kronz dari Kerajaan Petir. Yang kemudian memberinya kemampuan memancarkan petir dari telapak tangannya dan Raja Taifun dari kerajaan Bayu memberinya kemampuan lari secepat angin. Dengan kekuatan yang ia dapatkan ini, maka lahirlah Gundala yang siap menumpas kejahatan. Sebagian besar ceritanya mengambil latar di Yogyakarta dan Jakarta.

  1. Aquanus

Superhero ini berasal dari komik berjudul Aquanus di Planet Vibhy karya Widodo NS tahun 1968, yang berfokus pada kemampuan Aquanus bernafas dalam air serta mengeluarkan sinar dengan daya hancur tinggi. Ceritanya mengisahkan tentang Aquanus seorang bayi raja Sving dari planet Zyba. Ia dilarikan dengan roket ke luar angkasa yang kemudian jatuh di lautan bumi. Ia kemudian diasuh oleh keluarga pemburu paus dan diberi nama Dhanus. Aquanus memiliki kekuatan bernafas dalam air, dan mempunyai sabuk pelangi sebagai senjatanya. Cerita ini juga memiliki latar di Yogyakarta.

  1. Godam Manusia Besi

Superhero yang satu ini juga merupakan karya komikus  Widodo NS pada tahun 1969 yang bejudul Memburu Doktor Setan. Godam diceritakan memiliki kekuatan dari pakaian saktinya dan jubah yang menjadikannya kuat, kebal, dan bisa terbang dari berbagai senjata. Godam sebenarnya adalah pria biasa bernama Awang yang karena kejujuran dan kepribadiannya menerima sebuah cincin ajaib yang bisa berubahnya menjadi Godam yang sakti.

  1. Zantoro

Zantoro diceritakan sebagai pahlawan super yang sangat membenci kejahatan dan ketidakadilan yang terjadi di sekitarnya. Kisahnya menceritakan tentang Zantoro yang berasal dari keluarga yang kurang harmonis, ia tinggal bersama dengan ayahnya yang seorang pedagang dan ahli pembuat senjata tajam. Zantoro mewarisi kemampuan dari Ayahnya yang menjadikannya seorang pembuat senjata yang ahli dalam memainkan senjata tajam.

  1. Kalong

Karakter Superhero ini merupakan tokoh komik buatan Hasmi yang muncul pertama kali di Komik Calong Anak Kelelawar tahun 1972. Kemampuan kalong berasal dari sebuah benda ajaib yang didapat dari seorang raja bernama Xamfereet yang ditemuinya di ujung Gua. Pahlawan super cilik ini memiliki kemampuan kebal peluru dan senjata tajam, bisa terbang dan dapat berkomunikasi dengan hewan.

  1. Sembrani

Tokoh sembrani pertamakali muncul dalam serial Gundala 1000 Pendekar karya Hasmi tahun 1974. Menceritakan seorang pria bernama Tangguh tidak sengaja menemukan pesawat luar angkasa di kawah gunung Dieng. Ia memiliki kekuatan bisa terbang, menetralisir medan magnet, listrik, bahkan zat beracun yang diperoleh dari kalung yang diberikan oleh proyeksi 3D dari Otohrb, seorang panglima perang yang sudah lama mati.

  1. Caroq

Superhero ini adalah ciptaan Ahmad Thoriq pada tahun 1996. Kisah ini menceritakan tentang Ongko yang bekerja sebagai supir taxi yang akhirnya bisa berubah menjadi pahlawan super dengan bersenjatakan 2 buah celurit panjang yang sakti dan memiliki ketangkasan dan ilmu bela diri yang kuat serta kemampuan sihir dalam menghadapi musuh-musuhnya.

  1. Merpati

Merpati merupakan salah satu karakter komik buatan Harya Suryawinata yang pertama kali muncul pada tahun1977. Nama asli merpati adalah Sedhah, diceritakan sebagai Istri dari Gundala sang Putra Petir. Kekuatan Merpati adalah dapat terbang dan menentukan deteksi arah serta memiliki kemampuan beladiri yang sangat baik. Kemampuan Merpati berasal dari ramuan ajaib yang dibuat oleh Ratu Merpati.

Baca Juga  Mencari Akar Isu Rasisme dari Sudut Pandang Islam

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *