Joko Anwar Menjadi Sutradara Terbaik Dalam Ajang FFI 2020

 Joko Anwar Menjadi Sutradara Terbaik Dalam Ajang FFI 2020

Kitapastibisa.id – Joko Anwar Menjadi Sutradara Terbaik Dalam Ajang FFI 2020 – Kompas

Joko Anwar Menjadi Sutradara Terbaik Dalam Ajang FFI 2020 – Joko Anwar berhasil meraih penghargaan menjadi sutradara terbaik di Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2020. Lelaki asal Medan tersebut secara langsung mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada semua kru dan pemeran film “Perempuan Tanah Jahanam”.

“Saya mempersembahkan ini untuk semua kru dan para cast yang telah totalitas dan memberikan yang terbaik, partner saya Tia Hasibuan yang telah bekerja sama dengan saya selama belasan tahun,” kata Joko Anwar.

Tidak hanya itu, Joko juga menyampaikan pesan untuk para pelaku industri pefilman, termasuk bagi penonton. Menurutnya untuk mencapai kesuksesan perlu ada kolaborasi yang sinergis dari semua pihak. Mulai dari pemerintah yang memberi dukungan kepada para sineas untuk berkarya, para kritikus film dengan memberi masukan dan kritikan membangun. Selain itu diharapkan kepada para sineas agar mau terus belajar dan bekerja secara totalitas.

Kemenangan Joko sebagai sutradara terbaik sebenarnya sudah diprediksi sejumlah pihak karena film “Perempuan Tanah Jahanam” memang memiliki kualitas bagus. Pujian terhadap Joko dan filmnya bukan hanya datang dari sineas dan kritikus film dalam negeri, tapi juga luar negeri. Diketahui tahun ini Joko berhasil menyisihkan pesaing lainnya seperti Riri Riza, Faozan Rizal, Yosep Anggi Noen dan Sim F.

Baca Juga  Mahkota bagi Leidy Putri Papua

Baca Juga: Memayu Hayuning Bawana, Nilai Kehidupan Masyarakat Jawa

Beberapa Karya Joko Anwar yang Sukses Meraih Penghargaan

Joko Anwar Menjadi Sutradara Terbaik Dalam Ajang FFI 2020
Kitapastibisa.id – Joko Anwar Menjadi Sutradara Terbaik Dalam Ajang FFI 2020 – Twitter

Janji Joni merupakan film bergenre komedi, yang berhasil menjadi box office dan Best Movie di MTV Indonesia Movie Awards 2005. Bercerita tentang Joni (Nicholas Saputra) seorang kurir rol film, yang tak pernah telat mengantar rol film dari bioskop ke bioskop. Suatu hari, ia hendak berkenalan dengan dengan seorang wanita cantik (Mariana Renata). Namun, wanita tersebut hanya mau memberitahukan namanya bila Joni berhasil mengantarkan rol film tepat waktu.

Film karya Joko Anwar selanjutnya adalah film Kala, yang dirilis pada 2007 ini berhasil menuai kesuksesan yang luar biasa. Bahkan nama Joko disebut sebagai salah satu sutradara tercerdas di Asia oleh majalah termuka di Inggris, Sight & Sound. Film yang disebut sebagai film noir pertama di Indonesia ini berhasil memenangkan Jury Prize di New York Asian Film Festival.

Film selanjutnya membuat karir Joko semakin meningkat karena masuk dalam seleksi festival film internasional adalah ‘Pintu Terlarang’ dirilis tahun 2009. Kritikus dari TIME, Richard Corliss menyebut jika film Pintu Terlarang bisa menjadi kartu Joko Anwar menjadi sutradara film kelas dunia.

Baca Juga  Sri Wahyuni, Atlet Angkat Beban Yang Membanggakan Indonesia

Pengabdi Setan merupakan film Joko yang berhasil membuat heboh Indonesia. Pasalnya film horor klasik keluaran tahun 80-an ini sukses menjadi film horror Indonesia terlaris tahun 2017. Kabarnya Joko membutuhkan waktu hingga 10 tahun menunggu lampu hijau Rapi Films, untuk menyutradarai film ini.

Artikel Terkait