Joey Alexander Bintang Jazz Dari Indonesia Untuk Dunia

 Joey Alexander Bintang Jazz Dari Indonesia Untuk Dunia

kitapastibisa.id – Joey Alexander Bintang Jazz Dari Indonesia Untuk Dunia – beepdo.com

Joey Alexander Mengenal Bintang Jazz Dari Indonesia Untuk Dunia – Joey Alexander (lahir: Josiah Alexander Sila; lahir di Denpasar, 25 Juni 2003; umur 16 tahun) adalah pianis jazz asal Indonesia. Dalam usia sangat muda (7 tahun) ia telah menguasai teknik permainan piano dan improvisasi yang sangat penting dalam aliran musik jazz. Ia merilis album musik perdananya yang berjudul “My Favorite Things” pada tanggal 12 Mei 2015 di usia 11 tahun di bawah Motema Record, New York.

Joey Alexander Sila lahir di Bali, Indonesia, dari pasangan Denny Sila dan Farah Leonora Urbach, yang menjalankan usaha wisata petualangan. Ini dia adalah keponakan dari penyanyi Nafa Urbach. Ayahnya adalah musisi amatir, dan kedua orang tuanya adalah penggemar musik jazz, khususnya karya Louis Armstrong.  Alexander belajar jazz dengan mendengarkan album klasik ayahnya.

Baca Juga: Sejarah Baru Olahraga Tenis Indonesia

Awal Joey Alexander Mengenal Piano

Pada usia enam tahun ia belajar sendiri bermain piano dengan keyboard listrik kecil pemberian ayahnya, dengan mendengarkan komposisi seperti “Well, You Needn’t” karya Thelonious Monk dan lagu-lagu jazz lain yang dikoleksi ayahnya.  Alexander mengatakan bahwa baginya belajar alat musik terasa alamiah; orang tuanya yang beragama Kristen, percaya bahawa bakatnya adalah “anugerah Tuhan”.  Alexander menganggap Monk, John Coltrane, Harry Connick, Jr., Bill Evans dan Herbie Hancock sebagai panutan musiknya, selain juga mengagumi Clifford Brown, Miles Davis, Wynton Marsalis, Brad Mehldau, Lee Morgan, Horace Silver dan McCoy Tyner.

Baca Juga  Yohanes Surya Melahirkan Fisikawan Indonesia Dari Timur

Joey hampir sepenuhnya belajar musik jazz sendiri (autodidak) sejak usia enam tahun, ketika ia diberi hadiah keyboard oleh orang tuanya. Ia pernah tampil di hadapan Herbie Hancock dan Bill Clinton. Pada tahun 2014, Wynton Marsalis mengundang Alexander untuk bermain di malam gala Jazz at Lincoln Center 2014, dan ia menjadi “sensasi dalam semalam”, tulis The New York Times.

Alexander adalah artis Indonesia pertama yang masuk dalam Billboard 200 di Amerika Serikat, dengan album debutnya My Favorite Things mencapai peringkat 174 pada 30 Mei 2015. Ia Juga menjadi artis ke 2 dari Indonesia yang sukses di Chart Billboard setelah Anggun. Untuk saat ini, Joey Alexander dan Anggun adalah artis Indonesia yang sukses tampil di perhelatan penghargaan musik bergengsi tingkat Dunia. Di mana Anggun tampil di World Music Awards dan Joey di Grammy Awards.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *