Jenis Buah Jeruk yang Populer di Indonesia

 Jenis Buah Jeruk yang Populer di Indonesia

beritapapua.id – Jenis Buah Jeruk Populer di Indonesia – Goodnewsfromindonesia

Jenis Buah Jeruk yang Populer di Indonesia – Jeruk merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemui di Indonesia, buah ini memang yang paling populer akan kandungan vitamin C-nya. Jeruk memiliki jenis yang beragam, meskipun sekilas terlihat mirip, namun ternyata banyak hal yang berbeda. Ada yang asam dan manis. Ada yang kecil dan besar. Tidak hanya ukuran serta rasanya, tekstur dan warna kulitnya pun juga berbeda.

Agar tidak keliru, berikut adalah jenis jeruk yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Manfaat Lendir Siput Untuk Kulit

  1. Jeruk Medan

Jeruk yang berasal dari Medan, Sumatera Utara ini mempunyai rasa yang manis, bulir besar, dan kadar air yang banyak. Kulitnya berwarna kuning, mengkilap dan mengeluarkan aroma yang segar. Jeruk Medan juga biasa dikonsumsi langsung sebagai buah segar.

  1. Jeruk Pontianak

Jeruk khas Pontianak yang menyebar hampir di seluruh daerah tropis seperti Indonesia. Kulitnya licin, tipis, mengkilap, dan berwarna hijau kekuningan. Buahnya terasa manis dan mengandung banyak air. Biasanya buah ini langsung dikonsumsi sebagai buah segar.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mempunyai kulit yang tebal, berpori besar, dan licin. Jeruk ini adalah jeruk yang paling asam daripada yang lain. Karena rasa asamnya itu, jeruk jenis ini biasa digunakan untuk pelengkap bahan makanan. Jeruk nipis juga biasa digunakan untuk menghilangkan amis pada ikan.

  1. Jeruk Lemon

Kulitnya berwarna kuning terang, tebal, mengkilap, dengan berpori besar. Berbentuk lonjong dan menonjol pada ujungnya, merupakan ciri fisik jeruk lemon. Jeruk lemon merupakan jeruk yang paling banyak digunakan untuk mengolah makanan dan minuman, sebab rasa  asamnya khas.

  1. Jeruk Purut

Jeruk purut merupakan buah lokal asli indonesia yang mempunyai aroma yang kuat. Buahnya berukuran kecil, kulitnya berwarna hijau tua, keras, dan bergelombang. Umumnya, jeruk purut digunakan sebagai bumbu pelengkap atau perasa asam dalam olahan makanan. Daunnya yang harum juga sering digunakan sebagai bumbu masakan.

  1. Jeruk Sunkist

Jeruk sunkist merupakan jeruk yang berasal dari California, Amerika Serikat. Buahnya yang segar dan tidak asam sama sekali memang sangat digemari oleh banyak orang. Kulitnya tebal, berpori besar, dan berwarna oranye.

  1. Jeruk Mandarin

Sesuai namanya, jeruk ini berasal dari China. Rasanya sangat manis, mengandung banyak air, dan beraroma harum. Selain itu, buahnya berukuran kecil, kulitnya berwarna oranye, tipis dan bertekstur empuk, sehingga sangat mudah untuk dikupas.

  1. Jeruk Bali

Jeruk Bali merupakan buah yang berasal dari Asia Tenggara dan Selatan. Merupakan jenis jeruk yang paling besar ukurannya. Kulitnya tebal dan berwarna hijau muda. Jeruk Bali mempunyai bulir yang padat, besar dan terasa sedikit asam. Kamu bisa mengonsumsi jeruk Bali langsung ataupun mencampurnya ke dalam hidangan rujak atau minuman.

Baca Juga  Kopi Luwak, Kopi Asli Indonesia?

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *