Jembatan Youtefa Dalam Uang Peringatan Kemerdekaan

 Jembatan Youtefa Dalam Uang Peringatan Kemerdekaan

Jembatan Youtefa, Dalam Uang Peringatan Kemerdekaan – indonesia.go.id

Jembatan Youtefa Dalam Uang Peringatan Kemerdekaan – Bank Indonesia telah resmi meluncurkan pecahan uang Rp 75000 dalam bentuk kertas sebagai uang edisi khusus HUT ke-75 kemerdekaan RI.

Warga Papua merasakan betul kebanggaan akan uang edisi khusus tersebut. Hal tersebut tidak lepas dari adanya gambar Jembatan Youtefa pada uang tersebut. Jembatan Youtefa sendiri terletak pada kota Jayapura.

Dalam uang tersebut gambar jembatan Youtefa berdampingan dengan Tol Trans Jawa dan MRT. Hal ini adalah lambang pencapaian kemajuan infrastruktur Indonesia.

Sementara itu Walikota Jayapura, Benhur Tommy Mano merespon hal tersebut dan menyatakan kebanggaannya.

“Ini suatu apresiasi khusus bagi Papua karena banyak bangunan yang dibangun secara megah di Indonesia, tapi pilihannya pada Papua, berarti Papua melekat di hati Bapak Presiden,” ujar Benhur.

Selanjutnya Benhur juga berharap agar uang edisi khusus ini bisa menambah rasa nasionalisme masyarakat Papua. Ia juga mendorong agar masyarakat Papua tetap mendukung setiap proses pembangunan yang sedang berlangsung.

Benhur menambahkan bahwa uang edisi khusus tersebut merupakan lambang capaian pembangunan selama 75 tahun Indonesia merdeka.

Baca Juga  Ritual Sepak Bola di Kamp Pengasingan Digul, Papua

“Itu bertanda bahwa pembangunan untuk semua orang dan merata. Ini dibangun menggunakan uang rakyat, saya memberikan apresiasi luar biasa kepada Pak Jokowi yang mengambil satu lambang kemegahan di Papua, yang merupakan landmark yang ada di Kota Jayapura,” kata Benhur.

Baca Juga: Bahaya Dari Mengonsumsi Kopi Setiap Hari

Sejarah Jembatan Youtefa

Peresmian Jembatan Youtefa terjadi pada hari Sumpah Pemuda, Senin 28 Oktober 2019 oleh Presiden Joko Widodo. Pembangunan jembatan ini berlangsung sejak tahun 2015.

Pembangunan jembatan ini memakan biaya sekitar Rp 1,8 triliun. Untuk pengerjaannya merupakan kerjasana konsorsium kontraktor PT Pembangunan Perumahan Tbk, PT Hutama Karya (Persero) dan PT Nindya Karya (Persero)

Pemilihan nama Youtefa adalah atas dasar permintaan masyarakat adat setempat. Secara geografis, letaknya tepat berada di atas Teluk Youtefa.

Jembatan ini memiliki Panjang 732 meter, lebar 21 meter serta tinggi 20 meter. Selanjutnya Jembatan ini berfungsi sebagai penghubung kawasan utama Jayapura dengan Muara Tami.

Artikel Terkait