Jantung yang Sehat untuk Hidup yang Lebih Bahagia

 Jantung yang Sehat untuk Hidup yang Lebih Bahagia

Kitapastibisa.id – Jantung yang Sehat untuk Hidup yang Lebih Bahagia – ilovelife

Jantung yang Sehat untuk Hidup yang Lebih Bahagia – Pernahkah kamu mendengar bahwa serangan jantung menjadi salah satu penyebab angka kematian tertinggi di dunia? Menjaga kesehatan jantung merupakan salah satu hal yang harus terus kita pantau dan kita jaga. Tentu saja, banyak sekali faktor yang akan mempengaruhi kesehatan jantung kita. Apalagi, jantung merupakan organ yang sangat penting untuk mengalirkan dan memompa darah ke seluruh aliran tubuh kita.

Jantung adalah sebuah otot yang memompa darah ke seluruh tubuh. Dalam suatu serangan jantung (myocardial infarction), bagian dari otot jantung mati sewaktu tidak mendapatkan darah. Untuk tetap sehat, jantung membutuhkan oksigen dan zat-zat gizi lain yang dibawa oleh darah. Ini didapatkan melalui arteria (pembuluh darah) koroner, yang membungkus bagian luar jantung.

Baca Juga:  Pilihan Menu Untuk Meningkatkan Nafsu Makan

Tips untuk menjaga dan merawat kesehatan jantung.

Jantung yang Sehat untuk Hidup yang Lebih Bahagia
Kitapastibisa.id – Jantung yang Sehat untuk Hidup yang Lebih Bahagia – Klikdokter
  1. Konsumsi Makanan Sehat

Pola hidup yang sehat tentu tak lepas dari makanan apa saja yang kita konsumsi sehari-hari. Nah, sangat penting bagi kita untuk mengetahui berbagai kandungan dalam makanan yang kita konsumsi tersebut. Makanan yang bisa kita konsumsi untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan makanan yang memiliki kolesterol rendah, rendah lemak dan juga rendah akan kandungan garam. Garam ini jika terlalu banyak masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan hipertensi. Hipertensi akan membuat kinerja jantung menjadi lebih berat dan terbebani. Jika hal ini terjadi terus menerus bukan tidak mungkin penyakit jantung bisa menjadi komplikasi bagi orang yang mengalami darah tinggi.

  1. Aktif bergerak dan berolahraga

Olahraga bisa digunakan sebagai pelancar aliran darah menuju ke jantung atau ke seluruh tubuh. Jika aliran darah lancar maka jantung pun akan menjadi sehat dan kesehatan jantung menjadi lebih terjaga. Cara yang efektif untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan olahraga secara teratur. Jika kita belum memiliki kelainan jantung, maka kita bisa melakukan olahraga secara teratur minimal 30 menit dalam sehari. Hal ini juga menjadi salah satu kebiasaan yang bisa mendukung gaya hidup sehat kita.

  1. Hindari Merokok

Selain dengan menjaga asupan makanan dan berolahraga, kita juga perlu meminimalisir kebiasaan yang tidak baik bagi tubuh, seperti halnya merokok. Merokok bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah jantung, asap rokok yang masuk ke dalam tubuh akan membuat pembuluh darah jantung mengalami penyempitan sehingga pembuluh darah yang menyempit itu akan memberatkan kinerja jantung. Kinerja jantung yang terganggu setiap harinya akan menimbulkan serangan jantung yang berbahaya bagi tubuh.

  1. Rutin melakukan pemeriksaan jantung

Jangan sampai kita lupa untuk tetap menyempatkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Untuk mengetahui seberapa sehat jantung anda bisa juga mengecek kadar kolesterol, kadar gula, kadar asam urat dan tentunya mengecek tekanan darah yang anda miliki. Pengecekan itu berguna untuk mengetahui seberapa sehat jantung kita.

Baca Juga  Mempersiapkan Diri Selama Musim Pancaroba

Artikel Terkait