Jamu Populer di Masyarakat Indonesia

 Jamu Populer di Masyarakat Indonesia

Kitapastibisa.id – Jamu Populer di Masyarakat Indonesia – Kompas

Jamu dikenal sebagai minuman herbal khas Indonesia yang telah menjadi warisan budaya bangsa kita. Terdiri dari berbagai jenis tanaman herbal dan rempah pilihan yang tidak kalah manfaatnya dengan obat-obatan modern. Jamu sendiri sudah menjadi bagian dari hidup masyarakat Indonesia, yang diperkirakan susah ada sejak zaman Kerajaan Mataram, di mana ditemukan lesung batu dan alu yang biasa digunakan untuk membuat jamu.  Dan hingga kini masih tetap menjadi konsumsi rutin masyarakat.

Jenis-jenis Jamu yang Populer di Masyarakat Indonesia:

Baca Juga: Bubur Ase, Panganan Legendaris Dari Betawi

  1. Beras kencur

Jamu Populer di Masyarakat Indonesia
Kitapastibisa.id – Beras Kencur – Popmania

Ramuannya terdiri dari beras, kencur, dan bahan lain seperti jahe, asam kawak, biji kedaung, garam, dan gula merah. Beras kencur berasal dari bahan yang memiliki aktivitas antioksidan tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh. Dipercaya mampu meredakan nyeri badan, kembung, mual dan mampu meningkatkan nafsu makan.

  1. Kunyit asam

Jamu Populer di Masyarakat Indonesia
Kitapastibisa.id – Kunyit Asam – Kompas

Seperti namanya, Kunyit asam dibuat dari buah/ daun asam dan rimpang kunyit. Kunyit yang sudah dicampur asam akan memiliki kandungan penawar racun dan menetralisir racun, serta mengatasi pegal-pegal akibat kerja berat atau kecapekan. Kandungan Vitamin C nya juga mampu membuat kulit lebih cerah dan semakin sehat. Dikenal juga dengan sebutan kunir asem yang dipercaya dapat mengurangi nyeri haid.

  1. Empon-empon

Jamu Populer di Masyarakat Indonesia
Kitapastibisa.id – Empon-Empon – Kompas

Dari jaman dahulu, empon-empon sudah dijadikan sebagai obat alternatif untuk atasi masalah kesehatan. Bahannya terdiri dari kurcumin, jahe, kunyit, kencur, temulawak, dan empon-empon lain. Mengonsumsinya dipercaya membantu mencegah penyakit akibat infeksi. Empon-empon yang sering dimanfaatkan seperti temulawak, jahe, lempuyang gajah, kedawung, lengkuas, lempuyang wangi, kencur, kunyit, bangle, dan adas. Cara konsumsi berbagai jenis jamu tersebut biasanya direbus dan diminum saat masih hanget.

  1. Pahitan

Ramuan pahitan terdiri dari beberapa rempah, seperti sambiloto atau brotowali. Sesuai dengan namanya, jamu ini memilih rasa pahit yang kuat. Meski begitu, jamu berwarna hitam ini sangat populer karena dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan dan juga meningkatkan stamina. Jamu pahitan ini banyak manfaatnya mulai dari mengatasi pegal-pegal, menambah nafsu makan, penyakit gatal-gatal, anti alergi, mencegah risiko diabetes.

  1. Galian Singset

Terdiri dari kencur, temu lawak, kunyit, asam jawa, kayu manis, merica, laos, serai, kunyit, cengkeh, kapulaga, ketumbar, dan beberapa rempah tradisional lainnya. Berguna untuk menjaga bobot badan ideal karena mengandung beberapa tanaman obat antiobesitas dan antidislipidemia, seperti daun jati belanda, kunyit dan biji pinang. Selain membuat tubuh menjadi langsing, galian singset juga dapat mencegah jerawat, membuat badan menjadi wangi.

  1. Temulawak

Berbahan dasar temulawak dengan tambahan asam jawa, Gula aren , daun pandan serta jinten ini kerap dijadikan minuman Pereda mual, sakit perut, pusing dan gejala masuk angin. Temulawak ini baik untuk menambah nafsu makan, mengobati gangguan pencernaan, mengatasi kram perut saat haid, mengatasi masuk angin, membantu pengobatan kanker, memengaruhi metabolism lemak, dan mengatasi radang sendi.

  1. Uyup-uyup

Jamu uyup-uyup pada umumnya berbahan dasar Kencur, Kunyit, Lempuyang, Temulawak, Simbukan, Luntas atau Beluntas, Kunci dan Cowekan atau Pegagan. Jamu uyup uyup sudah sangat dikenal dan telah digunakan secara turun temurun. Jamu ini dipercaya berkhasiat memperlancar asi pada Ibu yang menyusui.

Baca Juga  Burung Emprit Panganan Gurih Khas Jawa Tengah

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *