Jackson Oswalt, Anak Yang Berhasil Bangun Reaktor Nuklir

 Jackson Oswalt, Anak Yang Berhasil Bangun Reaktor Nuklir

Kitapastibisa.id – Jackson Oswalt, Anak Yang Berhasil Bangun Reaktor Nuklir – Kumparan

Anak Umur 12 Tahun Berhasil Bangun Reaktor Nuklir – Akhir-akhir ini, nama Jackson Oswalt menjadi perbincangan dunia. Saat anak usia 12 tahun lainnya asyik bermain video games, Jack sudah mampu memadukan atom. Terbukti, selama 2 tahun terakhir ia mampu membangun reaktor nuklir buatannya sendiri.

Anak asal Kota Memphis, Tennessee, Amerika Serikat, ini berhasil melakukan reaksi fusi dau atom. Sederhananya, reaksi fusi adalah penggabungan dua inti atom ringan menjadi inti atom yang lebih besar. Sehingga, gabungan dari kedua atom tersebut menghasilkan energi yang luar biasa banyak.

Jika Anda pernah menyaksikan film Spiderman 2, Anda dapat melihat contoh reaksi fusi. Dr. Octopus menggunakan reaksi fusi sebagai tenaga dari pakaiannya. Meski demikian, gambaran soal reaksi fusi yang ada dalam film tersebut tidak sepenuhnya benar.

Terlepas dari Dr. Octopus dalam film Spiderman 2, Jack Oswalt sudah mampu membuat hal serupa pada usianya yang masih belia. Atas reaktor nuklir yang berhasil ia bangun, Jack masuk ke dalam Guinness World Records 2021. Ia berhasil melampaui anak berumur 14 tahun yang sebelumnya juga berhasil membangun reaktor fusi.

Baca Juga  Riwayat Saad bin Abi Waqqash: Doa yang Semanjur Panahnya

“Proyek ini sangat sulit. Menurutku bagian tersulit adalah mencari tahu bagaimana membuat segel kedap udara di ruangan itu, jadi aku menghabiskan waktu mungkin sekitar setengah tahun mencoba untuk mendapatkan segel yang benar,” kata Jackson.

Baca Juga: Tips Untuk Mencerahkan Kulit Yang Kusam

Berjibaku dengan Material Berbahaya

Jackson Oswalt, Anak Yang Berhasil Bangun Reaktor Nuklir
Kitapastibisa.id – Jackson Oswalt, Anak Yang Berhasil Bangun Reaktor Nuklir – TrenAsia

Membangun reaktor nuklir tentu tidak mudah. Dan juga jauh dari kata aman. Mendengar kata nuklir saja, maka sebagian orang berpikiran soal dampak dari benda itu. Mulai dari radiasi hingga ledakan tak pernah jauh melekat dari kata nuklir.

Selama 2 tahun membangun reaktor nuklir, kedua orang tua Jack memberikan pengawasan serta dukungan. Ibu Jackson, misalnya. Selain mendanai proyek mega besar anaknya itu, ia juga mencari tahu soal apa yang anaknya kerjakan.

“Saya pasti akan mencari-cari hal-hal di Google sebelum dia menyalakan berbagai tahap,” kata ibu Jackson.

Begitu pula dengan ayah Jackson, Chris. Ia menjembatani Jackson dengan para ahli agar anaknya dapat bimbingan dari orang yang tepat. Selain menambah ilmu, para ahli juga memaparkan sejumlah bahaya pada proyek reaktor nuklir besutan Jack.

Baca Juga  Berbagai Manfaat Selalu Berpikiran Positif

“Saya pikir ada rasa tidak percaya yang besar sampai mereka benar-benar melihatnya,” ujar Chris mengutip dari USA Today.

Meski Jackson berhasil menciptakan reaktor nuklir, namun energi yang ia hasilkan tidak besar. Energi listrik yang keluar dari reaktor Jack lebih kecil dari kebutuhan listrik manusia.

“Saya bisa menggunakan listrik untuk mempercepat dua atom deuterium secara bersamaan sehingga mereka bergabung menjadi atom helium-3, melepaskan neutron, dan energi yang dapat digunakan untuk memanaskan air dan menghidupkan mesin uap yang pada gilirannya menghasilkan listrik, ” papar Jackson.

Untuk menciptakan reaktor nuklir tersebut, Jackson membutuhkan dana 10.000 Dollar Amerika. Dalam rupiah, maka Jackson butuh 146 juta rupiah dengan kurs 1 USD=14.600. Selain dana, Jackson juga membutuhkan daya sebesar 50.000 volt untuk mendukung proyek tersebut.

Artikel Terkait