Indonesia Berkebun, Opsi Menghadapi Krisis Pangan

 Indonesia Berkebun, Opsi Menghadapi Krisis Pangan

Kitapastibisa.id – Indonesia Berkebun, Opsi Menghadapi Krisis Pangan – farmincblog

Indonesia Berkebun, Opsi Menghadapi Krisis Pangan – Kegiatan berkebun telah menjadi bagian yang sangat lekat dengan kehidupan orang-orang terdahulu, terutama masyarakat desa dengan lahan yang luas. Secara turun temurun kebiasaan ini menjadikan masyarakat desa sangat dekat dengan sumber pangan. Sehingga dalam masa kritis seperti pandemik saat ini, kehidupan masyarakat desa jauh lebih kuat menghadapi krisis pangan.

Lalu bagaimana dengan kehidupan dan masyarakat perkotaan? Masyarakat perkotaan pun ternyata bisa memiliki kebun untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya dalam skala kecil dengan penyesuaian tentunya. Apalagi tinggal di perkotaan padat penduduk menjadikan kita sangat sulit memiliki lahan tanah atau pekarangan untuk ditanami.

Sebuah cuitan kecil oleh seorang arsitek Ridwan Kamil, yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, bersama rekan sesama arsiteknya untuk melakukan sebuah aksi sosial yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya Indonesia Berkebun.

Baca Juga: Upaya KataKerja Dalam Meningkatkan Literasi

Kegiatan Sosial Komunitas Indonesia Berkebun

Indonesia Berkebun, Opsi Menghadapi Krisis Pangan
Kitapastibisa.id – Indonesia Berkebun, Opsi Menghadapi Krisis Pangan – uzone

Indonesia Berkebun adalah gerakan dan kegiatan sosial komunitas yang memanfaatkan lahan non-produktif di perkotaan dengan cara menanaminya dengan tanaman yang bermanfaat dan menjadikannya sebagai kebun yang produktif. Kegiatan ini telah diisi oleh hal-hal yang positif.  Mereka saling berbagi ilmu dan menularkan semangat-semangat untuk lebih peduli kepada alam dan lingkungan.

Baca Juga  Cara Alami Melancarkan Buang Air Besar

Pada tanggal 20 Februari 2011, teman-teman dari Jakarta yang tergabung dalam Komunitas @JktBerkebun, melakukan penanaman perdana secara bersama dengan menggunakan benih kangkung di sebuah lahan di Springhill yang juga merupakan aksi pertama dan juga ditetapkan sebagai tanggal lahir Indonesia Berkebun – @IDberkebun yang berhasil diwujudkan dengan memanfaatkan ruang terbuka hijau sebagai lokasi berkebun hasil kerjasama dengan Springhill Group dan The Green Court.

Aksi ini kemudian menular ke beberapa kota hingga universitas di seluruh Indonesia untuk melakukan kasi dan kegiatan yang sama. Memanfaatkan lahan tidur, dan mengajak masyarakat urban pada khususnya, juga seluruh masyarakat Indonesia. Pada umumnya untuk menjadikan kegiatan berkebun sebagai bentuk kemandirian pangan hingga bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga.

Seiring waktu, kegiatan ini berkembang hingga melahirkan jejaring-jejaring lain di berbagai kota dan kampus. Serta mendorong kegiatan lain yang masih berhubungan dengan kegiatan berkebun. Indonesia sendiri memiliki konsep 3E yaitu, edukasi, ekologi, dan ekonomi. Indonesia Berkebun memiliki visi dan misi untuk menyebarkan semangat positif kepada seluruh warga. Yaitu untuk lebih peduli kepada lingkungan dan perkotaan dengan program urban farming. Yakni memanfaatkan lahan tidur di kawasan perkotaan untuk menjadi lahan pertanian/perkebunan produktif. Hal ini membutuhkan peran masyarakat sekitar agar kesadaran akan kemandirian pangan bisa menjadi antisipasi di kala kiris menerpa di kemudian hari.

Baca Juga  Antara Ujian dan Kasih Sayang Allah

Artikel Terkait