Ibu Risma, Sosok Tegas Nan Enerjik Dari Surabaya

 Ibu Risma, Sosok Tegas Nan Enerjik Dari Surabaya

kitapastibisa.id – Ibu Risma, Sosok Tegas Nan Enerjik Dari Surabaya – Halodoc

Sosok tegas, enerjik namun sangat ramah ini adalah wali kota wanita pertama di Surabaya, panggilannya Ibu Risma. Beliau lahir di Kediri Jawa Timur.

Ibu Risma sering kali menjadi sorotan karena ketegasannya terhadap tugas dan tanggung jawabnya. Seperti pada kesempatan menegur PNS yang tertawa saat briefing, Ibu Risma memang sangat tegas terhadap perilaku indisipliner.

Tri Rismaharini menempuh pendidikan dasar di Sekolah Dasar Negeri Kediri dan lulus pada tahun 1973. Ia melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Surabaya, lulus pada tahun 1976, kemudian melanjutkan pendidikan ke SMA Negeri 5 Surabaya dan lulus pada tahun 1980.

Ia menempuh pendidikan sarjana di jurusan Arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan lulus pada tahun 1987. Ia kemudian melanjutkan pendidikan pascasarjana Manajemen Pembangunan Kota di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, lulus pada tahun 2002. Dalam acara ITS EXPO, April 2014, Tri Rismaharini mengungkap keinginan untuk menjadi dosen di almamater seusai selesai mengabdi sebagai Wali Kota Surabaya.

Baca Juga: Olahraga Mudah Bisa Dilakukan Dirumah

Baca Juga  Johannes Leimena Menteri Kesehatan Yang Menjadi Pahlawan Nasional

Ibu Risma dan Gelar Kehormatannya Sebagai Doktor Honoris Causa

Pada 4 Maret 2015, ia mendapatkan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS). Gelar kehormatan tersebut diberikan dalam bidang Manajemen Pembangunan Kota di Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.

Tak hanya itu, figur ibu Risma juga dikenal sebagai peran sesungguhnya dari seorang pemimpin. Turun ke jalan untuk membantu mengatasi macet, menyapu trotoar menggunakan sapu lidi pribadinya, aksi cepat untuk mendatangi kebutuhan para warganya, melakukan inspeksi dan evaluasi terhadap birokrasi pemerintah yang memberatkan rakyat di bawahnya, adalah contoh kepedulian yang ia berikan kepada warganya.

Alumnus Institut Sepuluh Nopember ini sudah sering mendapatkan penghargaan sebagai wali kota terbaik. Salah satunya di tahun 2013 dirinya menang penghargaan Future Government Awards 2013 tingkat Asia-Pasifik, Risma berhasil menyisihkan peserta nominasi lainnya yang berasal dari 800 kota di seluruh Asia-Pasifik. Salut!

Selanjutnya di tahun 2015, Risma juga kembali meraih penghargaan sebagai wali kota terbaik ketiga di dunia! World City Mayors Foundation memberikan penghargaan tersebut kepadanya, karena peran Risma sebagai wali kota dapat dikatakan sukses membawa perubahan yang lebih baik untuk Surabaya.

Kebijakannya dalam tujuan memperbaiki kotanya menjadi tempat yang ramah lingkungan dan sehat, baik dari kondisi masyarakatnya, maupun dalam perekonomiannya.

Pada Maret 2015, nama Tri Rismaharini masuk dalam jajaran 50 tokoh berpengaruh di dunia versi majalah Fortune bersama dengan tokoh-tokoh lain seperti CEO Facebook, Mark Zuckerberg; Perdana Menteri India, Narendra Modi; dan tokoh-tokoh lainnya.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *