Homo Erectus, Orang Indonesia Asli

 Homo Erectus, Orang Indonesia Asli

kitapastibisa.id – Homo Erectus, Orang Indonesia Asli – Science

Selama ini kita kerap mendengar kata “pribumi” atau “pendatang”. Banyak orang mengatakan bahwa pribumi adalah mereka yang tinggal lama di Indonesia. Suku-suku yang menempati wilayah di Indonesia dianggap sebagai pribumi dan suku pendatang seperti Tionghoa, India, hingga Arab dianggap sebagai pendatang.

Baca Juga: Berbagai Macam Jenis Sabun Mandi

Homo Erectus Manusia Purba Pertama Yang Menginjak Indonesia

Kalau kita beranggapan pribumi adalah orang yang asli atau paling lama tinggal di wilayah Nusantara, maka Homo Erectus lah yang merupakan pribumi. Berdasarkan penelitian dari berbagai ilmuwan dan antropolog, Homo erectus datang ke wilayah Nusantara yang saat itu masih berupa benua besar sekitar 1,5 juta tahun yang lalu.

Para manusia purba tertua yang berhasil diidentifikasi ini datang dari benua Afrika. Mereka berjalan di sepanjang bibir pantai selama bertahun-tahun hingga akhirnya bisa sampai di Indonesia kuno. Fosil dari Homo erectus banyak di temukan di Indonesia terutama di Trinil, Ngawi, Jawa Timur. Manusia purba jenis ini akhirnya dinamai dengan Pitecanthropus erectus.

Baca Juga  Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah

Homo Erectus ini kemudian beranak pinak dan menyebar ke seluruh Paparan Sunda (Sunda Shelf) termasuk beberapa di antaranya sampai ke Flores. Jadi bisa dibayangkan bahwa Homo Erectus ini sudah ada di kepulauan Nusantara kita selama 1,5 juta tahun dengan berburu, membuat api, membentuk kelompok-kelompok, berperang, dan lain sebagainya sampai akhirnya punah kira-kira 100,000 tahun yang lalu.

Kepulauan Nusantara telah lama menjadi kediaman bagi ratusan populasi etnik dan budaya. Kini jumlahnya paling tidak sudah lebih dari 500 populasi. Penduduknya juga menuturkan lebih dari 700 bahasa yang berbeda. Kenyataan ini sering kali memunculkan pertanyaan: siapa sebenernya manusia Indonesia? Datang dari mana leluhurnya? Sejak kapan mereka mendiami kawasan ini?

Kepulauan Nusantara berperan penting sebagai penghubung daratan Asia dan Kepulauan Pasifik. Dua model telah digunakan untuk menerangkan migrasi yang kemudian membentuk populasi penghuni Asia Tenggara masa kini. Berdasarkan temuan arkeologi, Asia Tenggara mulai dihuni manusia modern sekira 50.000-70.000 tahun lalu.

Sejarah mencatat, deklarasi pengakuan dirinya sebagai bangsa Indonesia dapat kita dengar dalam sumpahnya pada Konres Pemuda 28 Oktober 1928. Mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia; berbangsa yang satu, bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Baca Juga  Jamu Populer di Masyarakat Indonesia

Siapakah orang-orang Indonesia asli itu, tak lain dan tak bukan adalah penduduk asli Indonesia atau suku bangsa yang membentuk bangsa Indonesia, yang oleh penjajah Belanda disebut ‘inlander’. Apakah suku bangsa tersebut datang dari Yunan atau Asia Muka atau dari mana saja, selama mereka tidak menyandang salah satu nama bangsa, mereka itulah Suku bangsa Indonesia, yakni orang-orang pertama yang menempati nusantara yang masih kosong di kala itu.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *