Hindari Stres Dengan Olahraga Malam Hari

 Hindari Stres Dengan Olahraga Malam Hari

Kitapastibisa.id – Olahraga di malam hari juga memiliki resiko tersendiri – Kompas

Hindari Stres Dengan Olahraga Malam Hari – Bagi masyarakat yang memiliki kesibukan kerja atau aktivitas lain yang menyita waktu banyak, kebutuhan untuk berolahraga hanya bisa dilakukan di kala senggang seperti akhir pekan atau hari libur. Namun tidak jarang juga banyak masyarakat yang menyempatkan diri untuk berolahraga di malam hari selepas kesibukan seharian beraktivitas.

Jenis olahraga yang bisa dilakukan di malam hari juga beragam namun alangkah bijaknya memilih jenis olahraga ringan dan tidak menguras energi dengan cepat. Oleh karena itu, olahraga di malam hari cukup dilakukan dengan pada rentang waktu tertentu. Bisa 40 menit hingga dua jam tergantung dari olahraga yang dilakukan. Misalnya, olahraga yang membutuhkan pergerakan tubuh secara intens seperti mini soccer atau badminton cukup dilakukan satu jam lamanya. Lantas , apa manfaat berolahraga di malam hari?

Manfaat berolahraga di malam hari sangat banyak. Salah satunya untuk menghilangkan stres (stress relief). Berbagai penelitian menyebutkan bahwa olahraga merupakan salah satu cara melepas stres yang efektif. Saat kita berolahraga, tubuh mengeluarkan hormon yang mampu menangkal stres yang menjalar ke tubuh sehingga kita mendapatkan perasaan nyaman dan menyenangkan sehabis berolahraga.

Baca Juga  5 Mitos Kesehatan yang Kerap Dipercaya

Manfaat lain berolahraga di malam hari adalah mendapatkan kualitas dan durasi tidur yang optimal. Dikutip dari laman Tempo.co, dalam sebuah jajak pendapat dari The National Sleep Foundation’s 2013 Sleep in America menyimpulkan bahwa ada hubungan yang kuat antara berolahraga dan kualitas tidur yang nyenyak.

Baca Juga: Triathlon, Menguji Batas Ketahanan dan Kekuatan Tubuh

Olahraga malam hari memiliki resiko.

Olahraga di malam hari juga memiliki resiko tersendiri. Resiko kesehatan ini bisa diminimalisir dan dihindari. Dihimpun dari berbagai sumber, beberapa pakar kesehatan menyarankan agar bijak memilih jenis olahraga dan durasinya.

Untuk menghindari risiko kesehatan, intensitas olahraga disesuaikan dengan kapasitas dan kemampuan tubuh sebelum berolahraga. Sangat tidak disarankan untuk memaksakan diri berolahraga jika kondisi tubuh tidak fit. Waktu yang ideal untuk berolahraga di malam hari sebaiknya dilakukan dua jam sebelum tidur. Beristirahat untuk menghindari reaksi berlebih pada tubuh seperti panas, susah tidur, gelisah, resah hingga sulit tidur.

Terakhir, minum air yang cukup untuk menggantikan cairan keringat yang keluar selama berolahraga sekaligus mempercepat proses pendinginan tubuh setelah selesai berolahraga.

Baca Juga  Bahaya Obesitas Menghantui Anak

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *