Guling, Bantal Populer Masyarakat Indonesia

 Guling, Bantal Populer Masyarakat Indonesia

Kitapastibisa.id – Guling, Bantal Populer Masyarakat Indonesia – Idntimes

Bantal guling dikenal populer sebagai salah satu hal yang biasanya tidak pernah absen dari kamar tidur di kalangan masyarakat Indonesia. Tanpa ditemani bantal ini rasanya ada yang kurang saat tidur. Terbuat dari bahan yang sama dengan bantal pada umumnya namun dengan bentuk yang berbeda, Membuatnya menjadi bantal yang paling nyaman untuk tidur. Bahkan untuk beberapa orang lebih memilih bantal guling dibandingkan bantal kepala.

Namun tahukah kamu jika bantal guling ini hanya dikenal umum dikalangan masyarakat Indonesia. Sebenarnya bangsa Belanda yang mempopulerkan penggunaan bantal ini ke Indonesia, meskipun di Belanda dan di Eropa sendiri bantal guling sangat jarang ditemukan. Perkembangannya pun tidak lepas dari penjajahan kolonial Belanda, yang saat itu dikenal dengan nama Dutch Wife atau Istri Belanda. Karena ketika orang Belanda datang ke Indonesia, banyak yang tidak membawa pasangan atau istri. Untuk memenuhi kebutuhan seksualnya mereka kadang memiliki gundik atau menyewa pekerja seks. Namun bagi mereka yang tidak memiliki uang, menggunakan bantal ini untuk yang bisa dipeluk pada saat tidur. Menariknya nama Dutch Wife sebenarnya dibuat oleh Gubernur Jenderal Inggris Thomas Stanford Raffles untuk menggambarkan kebiasaan orang-orang tersebut.

Baca Juga  Selebgram Angela Lee Dilamar Pengusaha Tajir

Baca Juga: Tingkatkan Sistem Imun lewat Sayur dan Buah

Sejarah ditemukannya Bantal Guling

Bantal guling yang ada sekarang ini adalah perpaduan tiga budaya, yaitu Hindia, Tiongkok dan Eropa pada sekitar abad 18 hingga 19. Di Asia Timur, bantal ini dikenal terbuat dari rotan dengan bentuk memanjang. Sedangkan di China sendiri dikenal dengan sebutan zhufuren, di Korea dinamai jukbuin, dan di Jepang dikenal dengan istilah chikufujin. Masuknya budaya China ke wilayah Nusantara dan kemudian munculnya penjajahan telah membuatnya menjadi banyak digunakan. Salah satunya oleh orang Belanda hingga akhirnya ditiru banyak orang dan menjadi populer bagi banyak orang di Indonesia.

Selain nyaman, ternyata tidur dengan memeluk guling juga memiliki manfaatnya untuk kesehatan. Tidur dengan Bantal ini dapat mendukung tubuh, karena ketika kita memeluknya, maka bisa mencegah keseleo dan sakit pada tubuh sebagai alat ortopedi. Bentuknya yang cenderung lebih kaku, bisa digunakan untuk mengurangi risiko cedera pernapasan pada saat kita tidur. Selain itu, meringkuk sambil memeluk guling membuat tubuh terasa santai.

Baca Juga  Tips Diet Sehat Dengan Cara Alami

Memeluk guling saat tidur juga dapat membantu untuk membuat Postur tubuh lebih baik. Sebab dengan posisi tubuh hanya menghadap satu sisi, bisa meluruskan tubuh bagian belakang kita. Sehingga punggung menjadi lurus dan kita bisa berdiri dengan tegak. Jika kita tidur dengan memeluk bantal ini di atas pinggul, maka bisa mengurangi tekanan yang ada di tulang pinggul kita. Ini bisa bermanfaat memulihkan masalah punggung, misalnya seperti skoliosis.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *