Griselda Sastrawinata, Animator Film Disney dari Indonesia

 Griselda Sastrawinata, Animator Film Disney dari Indonesia

Kitapastibisa.id – Griselda Sastrawinata, Animator Film Disney dari Indonesia – Catatan siagoy

Griselda Sastrawinata, Animator Film Disney dari Indonesia – Frozen merupakan film animasi besutan Disney yang populer di kalangan anak-anak milenial Indonesia. Petualangan Elsa dan Anna dalam film tersebut sangat memukau. Desain pakaian karakter, keelokan pemain hingga alur cerita merepresentasikan kepiawaian dari penggarap film tersebut.

Siapa sangka dalam film yang mendunia itu, terdapat campur tangan anak bangsa? Ia adalah Griselda Sastrawinata. Ia adalah perempuan pertama Indonesia yang berhasil belajar dan lulus dari ArtCenter College of Design, Pasadena, Amerika Serikat. Pada tahun 2015, ia memulai petualangannya di Walt Disney Animation Studios

Walt Disney Animation Studios merupakan merupakan studio animasi Amerika yang sudah memanjakan mata khalayak dunia sejak tahun 1923. Merupakan kebanggaan baginya untuk dapat berkontribusi dalam studio animasi terbesar dunia itu. Film berjudul Moana menjadi film pertama Griselda berkecimpung.

Griselda memulai kariernya di Walt Disney sebagai Visual Development Artist. Bagian Griselda adalah mendesain kostum karakter utama  seperti Anna dalam film Frozen dan Moana dalam film Moana.

Baca Juga  Sifat Perusak Masyarakat Menurut Ajaran Islam

Visual development desainer merupakan pihak memikirkan kaitan antara desain pakaian dan pemahaman penonton terhadap karakter tersebut. Seperti karakter Anna, misalnya. Detail warna dan motif pada pada pakaiannya merefleksikan perkembangan mereka.

“Frozen II memiliki desain eksterior dan grafik konflik lebih serius yang menguji kedewasaan dua tokoh utama, Elsa dan Anna. Maka saya memilih warna dan detail motif yang merefleksikan perkembangan mereka,” beber Griselda Sastrawinata-Lemay di Jakarta, dikutip dari liputan6.

Baca Juga: Cerita Sukses Johnny Andrean Membangun Kerajaan Bisnis

Kisah Griselda Menembus Disney

Griselda Sastrawinata, Animator Film Disney dari Indonesia
Kitapastibisa.id – Griselda Sastrawinata, Animator Film Disney dari Indonesia – Media Indonesia

Griselda tidak begitu saja bekerja di Disney setelah lulus kuliah. Pasalnya, ia harus menunggu selama 10 tahun setelah lulus agar dapat berkecimpung dalam salah satu studio animasi terbesar dunia itu.

Saat baru lulus, Griselda langsung melamar kerja di Disney. Keberuntungan belum bersamanya. Ketika tawaran tersebut datang, Griselda sudah memiliki pekerjaan. Hal itu terus terjadi hampir selama 10 tahun. Sebelum bergabung dengan Disney, ia bekerja untuk Dreamworks.

Setelah penantian panjang, akhirnya waktu yang tepat datang. Ia mendapat panggilan untuk bergabung dalam proyek film Moana oleh Ron Clements dan John Musker. Itu menjadi impian Griselda yang menjadi kenyataan. Bahkan, ia berharap bisa bekerja di sana selamanya.

Baca Juga  Ida I Dewa Agung Istri Kanya, Pejuang Rakyat Klungkung

“Ada pekerja yang sudah 80 tahunan lebih, dia kayaknya yang paling tua. Paling tua juga kayaknya di Walt Disney. Saya berharap bisa bekerja di sana selamanya,” kata Griselda dikutip dari kompas.

“Kerja di Disney tuh kayak impian luar biasa sejak kecil,” imbuhnya.

Selama kariernya dalam dunia animasi, Griselda terlibat dalam film-film animasi besar. Seperti, Shrek Forever After, Puss In Boots, How To Train Your Dragon 2, Kungfu Panda 2, The Croods, dan Home. Hingga saat ini, Griselda menjadi perempuan pertama dari Indonesia yang bergabung dengan Walt Disney Animation Studios.

Artikel Terkait