Gerakan Bersama Kreatifitas Bangsa untuk Perekonomian Indonesia

 Gerakan Bersama Kreatifitas Bangsa untuk Perekonomian Indonesia

Kreatifitas Bangsa sebagai Gerakan Bersama untuk Ekonomi Indonesia

Gerakan Bersama Kreatifitas Bangsa untuk Perekonomian Indonesia – Perekonomian menjadi salah satu tolak ukur bagi kesejahteraan suatu bangsa. Indonesia sebagai salah satu negara berkembang yang terus mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain mencoba membumikan dan memperbesar kesempatan bagi masyarakat untuk melihat dan menggali potensi UMKM (Usaha mikro, kecil, dan menengah). Keberagaman budaya dan kreatifitas sudah selayaknya menjadi modal utama bagi rakyat.  agar rakyat terus mampu berkarya dan menghasilkan produk menarik. Hal tersebut untuk keuntungan ekonomi sekaligus memperkenalkan jati diri bangsa dengan wajah dan bentuk yang beragam.

Kemunculan pemerintah dalam upaya mewadahi dan mendukung kegiatan UMKM tentu menjadi titik penting bagi perkembangan selanjutnya. Hal ini sangat penting sebab rakyat perlu percaya bahwa mereka berkontribusi dan memiliki andil dalam mengarahkan dan membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi. UMKM yang mulai bermunculan menggunakan dan memanfaatkan kekuatan yang ada pada daerah/desanya untuk kemudian dikonversi menjadi sebuah nilai tambah bagi produk mereka. Misalkan, daerah timur seperti Sumba, Lombok, Kupang, Toraja sangat terkenal dengan kain tenun nya hingga ke pasar internasional. Hal ini tentu saja menjadi nilai tambahan untuk mempromosikan wisata sekaligus ciri dari daerah tersebut.

Baca Juga  Respon Keresahan Diah Widuretno atas Pendidikan

Baca Juga: Pelembab Bibir Dengan Bahan dan Cara Alami

Peran Pemerintah Terhadap Perkembangan Perekonomian Indonesia

Pemerintah bisa hadir dengan banyak cara, salah satunya melakukan pelatihan untuk keterampilan. Misalkan sepanjang 2018, Badan Ekonomi Kreatif melakukan banyak sekali acara sertifikasi barista. Hal ini dilakukan mengingat Indonesia selaku produsen kopi nomor tiga terbesar di dunia. Muncul nya kesadaran masyarakat untuk mulai mengkonsumsi kopi dengan kualitas baik mendorong para petani juga meningkatkan hasil panen mereka karena permintaan pasar yang terus meningkat. Profesi barista juga kemudian menjadi sebuah pekerjaan yang tidak lagi dipandang sebelah mata. Pekerjaan ini mampu menjanjikan sebuah pencapaian bahkan ke tingkat internasional yang tidak sembarangan. Fenomena ini juga kemudian mendorong banyak pihak dari berbagai kalangan untuk membuka usaha kopi, baik itu coffee shop besar maupun sederhana, roastery, trader, dan bahkan importir. Kopi menjadi sebuah awalan baik untuk kemudian bisa diaplikasikan ke tanaman komoditi lainnya seperti teh, rempah, dan coklat.

Kaum muda lebih utamanya mampu melihat, membaca, dan menganalisis peluang ini. Sehingga peran pemerintah dalam mendukung iklim tumbuhnya produk lokal karya anak bangsa menjadi hal vital. Hal ini tentu saja akan berdampak sangat baik bagi perekonomian Indonesia dengan persaingan yang baik, penyerapan tenaga kerja yang merata, dan mampu mencapai kesejahteraan bersama.

Baca Juga  Desa Berdaya untuk Ekonomi Merata

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *