Etnomusikolog Menambah Warna Pada Kreatifitas Suara

 Etnomusikolog Menambah Warna Pada Kreatifitas Suara

Kitapastibisa.id – Etnomusikolog Menambah Warna Pada Kreatifitas Suara – Bandcamp

Etnomusikolog Menambah Warna Pada Kreatifitas Suara – Musik menjadi sebuah nafas atau oase bagi banyak pendengarnya. Dari masa ke masa musik banyak mengalami perkembangan dan telah menjadi bagian dari budaya setiap masyarakat. Tidak ada satupun budaya dunia ini yang terlepas dari musik. Musik berasal dari berbagai macam kreatifitas dan media yang beragam. Mulai dari berbagai bahan alam seperti bambu, rotan, atau karang. Sehingga menghasilkan berbagai macam bunyi yang sedikit banyak menjadi bagian dari budaya. Hal ini juga menjadi warisan turun temurun antara satu generasi ke generasi lainnya.

Musik sendiri merupakan suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Penciptaan musik pun sangat beragam. Namun ia selalu berhasil menjadi perwujudan dari sebuah rasa, ide, kepercayaan, dan intuisi dalam proses pembuatannya.

Baca Juga: Beberapa Tips Cermat Meramu Makanan Sehat di Rumah

Pembelajaran Etnomusikolog: Aspek Sosial dan Budaya Terhadap Musik

Salah satu yang cukup menarik yaitu, Etnomusikologi, yang merupakan cabang dari musikologi yang diartikan sebagai “pembelajaran aspek sosial dan budaya terhadap musik dan tarian dalam konteks lokal dan global.” Dicetuskan oleh Jaap Kunst dari kata Yunani ethnos (bangsa) dan mousike (musik), sering dianggap sebagai antropologi atau etnografi musik.

Baca Juga  Merawat Kumpulan Buku Kesayangan Tetap Rapi

Salah satu seniman lokal yang berasal dari Wonosobo yang menjalani hidup lewat perjalanan menyusuri berbagai desa-desa. Guna mencari “berbagai bunyi-bunyi”an dan merangkumnya ke dalam sebuah karya dengan sentuhan modernitas.

Luqmanul Chakim, adalah salah satu sosok anak muda yang sangat peduli dan memiliki minat yang sangat besar terhadap musik dan alat musik daerah. Luqmanul meyakini bahwa segala bentuk musik adalah indah. Alam sendiri telah menyediakan berbagai sumber inspirasi dan masing-masingnya membawa cerita dan warna tersendiri.

Baginya, menjadi sosok anak muda yang mampu kembali mengenal sejarah dan melestarikan warisan pendahulu dalam bidang musik merupakan sebuah pilihan yang ia yakini membawa banyak hal baik untuk diri dan sekitarnya. Juga sebagai bentuk menjaga kekayaan tradisi yang saat ini semakin kalah pamor oleh musik modern.

Seniman muda ini percaya bahwa setiap kita mampu menghasilkan musik yang indah dengan caranya sendiri. Dan musik adalah sebuah kebebasan untuk berekspresi.

Artikel Terkait