Elliot Handler, Tokoh di Balik Pamor Mainan Hot Wheels

 Elliot Handler, Tokoh di Balik Pamor Mainan Hot Wheels

Kitapastibisa.id – Elliot Handler, Tokoh di Balik Pamor Mainan Hot Wheels – Autoguide

Elliot Handler, Tokoh di Balik Pamor Mainan Hot Wheels – Zaman silih berganti, mainan ini masih dijual di beberapa toko retail. Bahkan, hingga toko-toko mainan besar tutup, mainan ini masih tetap langgeng. Peminatnya pun seakan tak lekang oleh waktu. Dari orang tua hingga anak-anak kecil.

Siapa yang tidak kenal Hot Wheels? Mainan mobil-mobilan yang terbuat dari metal ini memiliki daya tarik yang tidak ada habisnya. Sederhana, murah, namun apik. Begitulah orang mengenalnya.

Bagi penggemar berat Hot Wheel, tiap-tiap mobil punya nilai tersendiri. Pasalnya, perusahaan penggarap mobil metal kecil ini serius pada setiap desain mainannya. Salah satu fungsinya adalah ihwal kecepatan mobil tersebut.

Tiap mobil punya kecepatan yang berbeda-beda jika diadu dalam lintasan khusus mainan Hot Wheels. Sebutlah tipe Rd 19 atau X-steam yang merajai dunia balap Hot Wheels. Harga mainan mungil tipe RD 10 GP New itu bisa sampai ratusan ribu rupiah.

Tak sekedar untuk balapan, sebagian orang mengoleksinya lantaran desainnya yang unik. Hot Wheel The Mystery Machine atau mobil Scooby-Doo adalah salah satu yang paling banyak dicari. Harga mainan ini bisa sampai 1,1 juta. Sadar atau tidak, Hot Wheels kini sudah berusia 52 tahun.

Baca Juga  Komitmen Sang Sufyan ats-Tsauri, Pemimpin Ahli Hadis

Baca Juga: Tips Menjaga Kondisi Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Elliot Handler Sang Bapak Hot Wheels

Elliot Handler, Tokoh di Balik Pamor Mainan Hot Wheels
Kitapastibisa.id – Elliot Handler, Tokoh di Balik Pamor Mainan Hot Wheels – Medium

That’s one set of hot wheels you’ve got there, (Kau punya kendaraan yang keren,)” ujar Handler kala ia melihat kawannya mengendarai sebuah mobil Purwarupa.

Begitulah kisah nama Hot Wheels dari Elliot Handler. Ia merupakan orang penting dari Mattel, perusahaan mainan terkenal Amerika.

Tahun 1968, Hot Wheel pertama kali dikenalkan pada publik. Mainan karya Handler ini awalnya sempat dianggap remeh. Pasalnya, ia memiliki pesaing yang lebih keren. Meski demikian, Hot Wheel membuktikan bahwa ia mendapatkan penggemar dari khalayak. Pada tahun pertamanya, sekitar 16 juta unit Hot Wheels laku terjual.

Uniknya, strategi Handler dalam mendongkrak karyanya terdengar tidak biasa. Awalnya, Hot Wheel mengincar anak-anak umur 3 hingga 8 tahun. Namun, mereka beranjak dewasa dan akhirnya mengenalkan koleksi Hot Wheels mereka pada anak-anak mereka.

Melihat peluang itu, Mattel kemudian mulai menggarap konsep baru. Mulai dari konsep balapan Hot Wheels hingga mempekerjakan desainer mobil terkena, Ira Gilford dan Larry Wood. Strategi ini terbilang sukses hingga saat ini. Terbukti, Hot Wheel menjadi barang koleksi yang panas.

Baca Juga  Sri Mulyani, Salah Satu Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia

Kolektor mengenal Hot Wheels legendaris yang menjadi produk awal Mattel. Yakni The Original 16 dan sebagian menyebutnya sebagai Sweet Sixteen. Mobil-mobil tersebut merupakan buatan Harry Bentley Brady, yang memang seorang desainer mobil asli. Mobil-mobil itu adalah Camaro, Barracuda, Corvette, Mustang, hingga Deora. Adal pula Ford J-Car, T-Bird, Hot Heap hingga Mustang.

Saat ini, Hot Wheels menjadi mainan yang mampu bersaing dengan gempuran dunia digital. Terlihat dengan peminatnya yang masih bertahan hingga sejumlah toko yang masih menjualnya. Bagaimana menurutmu?

Artikel Terkait