Ekspresi Seni Melukis dengan Media Kopi

 Ekspresi Seni Melukis dengan Media Kopi

kitapastibisa.id – Salah Satu Ilustrasi Kegiatan Melukis di Media Kopi – Majalah

Ekspresi Seni Melukis dengan Media Kopi – Jika kamu penikmat kopi, tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya latte art. Bahkan terkadang tidak sedikit yang mengabadikan keindahan seni yang dituangkan dalam secangkir kopi itu ke media sosial. Seni kreatif yang dituangkan di atas kopi oleh barista pastinya tidak dibuat sembarangan, membuat latte art membutuhkan tingkat kreativitas dan keahlian khusus, serta diperlukan latihan rutin untuk membuat pola seni yang sempurna.

Baca Juga: Meski Berumur 101 Tahun, Mereka Selamat dari Covid-19

Theo Xandre Lesil dan Seni Melukis yang Luar Biasa

Theo Xandre Lesil (30), salah satu barista di Cafe Tyga Per Empat telah menekuni Latte Art kurang lebih 4 tahun. Akan tetapi ia sudah berkecimpung di dunia kopi selama 5 tahun. Menurut Theo, dengan adanya gambar di kopi orang-orang akan lebih tertarik untuk mencoba kopi tersebut. ’’Meracik kopi juga salah satu seni, seperti foam yang tepat dan rosting kopi yang tepat. Karena segala sesuatu yang dimasak atau dibuat adalah seni” Ungkapnya.

Baca Juga  Deru Sadiman Hijaukan Lereng Gunung Lawu

Tidak sekedar menggambar di kopi, Latte Art juga seni memadukan komposisi bahan dengan takaran yang harus pas. Teknik pembuatan pola pun bermacam-macam, mulai dengan pola yang sederhana seperti Rosetta, Heart dan Tulip sebagai bentuk dasar yang harus ditekuni pemula, hingga berbagai pola yang memiliki tingkat kesulitan tinggi.

Kopi yang ia gunakan juga adalah kopi khas Indonesia. Disisi lain ia juga ingin mengenalkan bahwa rasa dari kopi Indonesia juga tak kalah dengan kopi luar. Selain itu, Ia juga mengatakan bahwa pembuatan latte art pada latte tidak akan merusak rasa asli dari kopi, melainkan menambah cita rasa, asal dengan takaran dan pilihan foam, pemanasan dan steam susu yang tepat. Jika Latte Art nya bagus, tentu kopinya sudah pasti enak tambah Theo.

Latte art ini dibuat agar orang-orang yang tadinya tidak berminat menjadi tertarik dan mencoba kopi. Selain itu, latte art juga menjadi tren di media sosial karena bentuknya yang unik dan lucu untuk dibagikan dan menjadi publisitas kedai kopi. Seiring berkembangnya zaman, banyak tercipta kreasi baru dari Latte art mulai dari yang 3D hingga penggunaan warna yang beragam.

Baca Juga  Shakuntala Devi Jenius Angka Mengalahkan Komputer

Tak hanya sampai di gelas dan konsumen, World Latte Art Championship menjadi ajang para barista untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam menggambar kopi. Ajang ini bahkan pernah diadakan di Bali.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *