Diet Sehat dengan Mengonsumsi Telur Rebus

 Diet Sehat dengan Mengonsumsi Telur Rebus

Kitapastibisa.id – Diet Sehat dengan Mengonsumsi Telur Rebus – Tirto

Diet Sehat dengan Mengonsumsi Telur Rebus – Telur memiliki kandungan nutrisi yang lengkap termasuk di dalamnya protein yang tinggi. Selain itu, terdapat juga terkandung lemak, vitamin D, fosfor, vitamin A, dan dua bitamin B kompleks. Telur rebus menjadi menu favorit karena cara memasaknya gampang, bahannya mudah didapat di warung terdekat, dan harganya relatif terjangkau. Selain alasan kepraktisan, telur rebus kaya nutrisi hingga cocok untuk menu sarapan kamu yang sedang menurunkan berat badan.

Diet telur rebus atau The Boiled Egg Diet adalah pola makan berdasarkan buku yang dipublikasikan Arielle Chandler pada tahun 2018. Ada beberapa variasinya, tapi yang populer adalah makan telur atau jenis protein rendah lemak lain setiap waktu makan. Untuk menambah protein lainnya, kamu bisa menambahkan sayuran rendah karbohidrat seperti brokoli atau bayam.

Untuk sarapan, makan dua butir telur rebus dengan sayuran nonpati seperti tomat atau asparagus. Makan siang dan makan malam hanya boleh sayur nonpati dan telur rebus atau sedikit sajian protein rendah lemak. Meski tidak ada anjuran olahraga teratur, tapi sebaiknya tetap melakukan aktivitas fisik ringan.

Baca Juga  Kedai Kacrut, Kedai Sederhana Rasa Istimewa

Namun karena diet ini sangat rendah kalori sehingga tidak cocok untuk sebagian besar orang. Asupan kalori yang minim akan menyebabkan masalah kesehatan berbahaya seperti gangguan fungsi imun dan siklus menstruasi pada wanita.

Baca Juga: Wahyuni, Nenek Pendaki Gunung Asal Pekalongan

Cara Memilih Telur dengan Kualitas Bagus

Diet Sehat dengan Mengonsumsi Telur Rebus
Kitapastibisa.id – Diet Sehat dengan Mengonsumsi Telur Rebus – Ayobandung

Telur merupakan salah satu dari sembilan bahan pokok (sembako), yang banyak sekali manfaatnya bagi manusia. Namun saat kamu memilih telur perhatikan warna cangkangnya, karena hal ini penting untuk mengetahui kualitas telur. Telur yang sudah lama dan tidak segar memiliki warna kulit yang tampak kusam dan keruh. Selain itu, bintik-bintik hitam menandakan bahwa telur tersebut sudah cukup lama.

Sama seperti ketika kamu memilih beberapa buah-buahan, kamu dapat memanfaatkan indera penciumanmu untuk menghirup aroma telur tersebut. Cukup dekatkan telur ke hidung kamu, lalu tarik napas dalam-dalam untuk menghirup aroma telur tersebut. Jika aromanya seperti telur busuk maka isinya pun sudah pasti busuk.

Guncang telur secara perlahan dan dekatkan telinga. Ciri-ciri telur yang bagus tidak akan mengeluarkan suara ketika di guncang. Pasalnya, tekstur putih telur masih sangat kental, berbeda dengan telur yang sudah lama maka bagian putihnya jadi lebih encer.

Baca Juga  Daging Ayam dan Daging Bebek, Apa Bedanya?

Sebaiknya jangan memilih telur yang retak walupun hanya sedikit. Telur yang sudah retak sangat rentan terinfeksi kuman dan bakteri melalui cangkangnya. Retakan halus itu bisa membuat pori-pori cangkang terbuka dan udara akan masuk ke dalam. Hal ini bisa membuat telur menjadi mudah rusak dan busuk.

Artikel Terkait