Dewa-Dewi Yang Melagenda Dalam Mitologi Yunani

 Dewa-Dewi Yang Melagenda Dalam Mitologi Yunani

Kitapastibisa.id – Dewa-Dewi Yang Melagenda Dalam Mitologi Yunani – IDN Times

Dewa-Dewi Yang Melagenda Dalam Mitologi Yunani – Mitologi Yunani berisikan pembahasan mengenai para dewa yang mengatur alam semesta. Dalam mitologi Yunani kuno terdapat banyak sekali dewa dewi yang tentu saja memiliki kekuatan berbeda-beda. Masyarakat Yunani Kuno kerap menyembah dewa dewi ini agar selalu diberi perlindungan, kesehatan, dan juga kemakmuran. Orang Yunani kuno juga kerep menggunakan mitologi untuk menjelaskan berbagai fenomena alam yang terjadi.

Dewa yang dikenal dalam mitologi Yunani sebenarnya adalah generasi ketiga dari para dewa setelah masa Protogenoi dan Titan. Para dewa ini masing-masing memiliki kekuatan dan kelebihan tersendiri. Berikut beberapa Dewa dalam Mitologi Yunani yang hingga kini menjadi legenda dikalangan masyarakat.

Baca Juga: Rihanna Dikabarkan Berpacaran dengan Sahabatnya, A$ap Rocky

Dewa-Dewi Yang Melagenda Dalam Mitologi Yunani
Kitapastibisa.id – Dewa-Dewi Yang Melagenda Dalam Mitologi Yunani – IDN Times
  1. Zeus

Zeus merupakan pemimpin para dewa sekaligus penguasa Olimpus. Ia memiliki kekuatan untuk mengendalikan langit dan bumi, ia disebut juga sebagai dewa iklim, dewa cuaca, dan dewa takdir. Dalam Mitologi Yunani Zeus dikisahkan memiliki banyak konflik, namun ia adalah dewa yang abadi dan tidak bisa terjerat dalam masalah fana. Zeus adalah anak termuda dari Titan Cronos dan Titaness Rhea dan dibesarkan oleh Mother Earth atau Gaia, setelah dewasa ia menggulingkan ayahnya untuk menguasai dunia. Ia mengalahkan Titan Cronus dan menyegelnya di Tartarus.

  1. Poseidon

Poseidon merupakan dewa yang berkuasa di atas lautan, ia mampu mengendalikan lautan dan dunia bawah laut. Dalam Motologi, Poseidon digambarkan sebagai dewa perkasa yang menaiki kuda setengah ikan serta mengacungkan trisulanya. Poseidon disembah oleh para pelaut dan bersenjata Trident, Poseidon bisa menghancurkan sebuah desa dengan gempa bumi, pembawa badai dan tsunami. Selain itu, Ia juga sangat dihormati oleh para nelayan dan orang-orang yang melakukan pelayaran pada zaman dulu.

  1. Hades

Hades adalah putra tertua dari Kronos dan Rea yang berkuasa atas dunia bawah. Bersama saudaranya, Hades mengalahkan para titan. Hades juga sering dilambangkan sebagai dewa kematian karena tugasnya yang menguasai alam bawah. Hades dilambangkan sebagai dewa yang menggunakan Helm Kegelapan, yang bisa membuat penggunanya tak terlihat. Lambang lainnya adalah anjing berkepala tiga, Kerberos. Hades digambarkan juga sebagai Dewa yang penuh kekayaan.

  1. Hera

Hera merupakan ratu para dewa, ia juga anak dari Titans Cronos dan Titaness Rhea, yang mana adalah kakak perempuan Zeus, sekaligus istrinya. Ia adalah dewi perlindungan bagi pernikahan, kelahiran dan persalinan, para wanita dan pengatur bintang-bintang di angkasa. Dari pernikahannya dengan Zeus, ia memiliki tiga orang anak yaitu Ares, Hephaestus dan Eileithyia.

  1. Ares

Ares merupakan dewa perang, anak dari Zeus dan Hera. Ia merupakan sosok yang kejam dan sangat suka dengan pertumpahan darah. Ares sama sekali tidak peduli dengan keadilan, sehingga kerapkali membuat Zeus marah sekaligus kecewa. Meskipun Ares kuat tapi Iia jarang disembah orang karena dianggap terlalu kejam dan tidak memiliki belas kasihan. Ares digambarkan dengan tubuh yang diliputi api dan mengenakan baju zirah perang dan helm serta memegang tombak.

  1. Hermes

Hermes dikenal sebagai dewa yang cerdas dan tampan, yang merupakan putra Zeus dan Maia. Ia merupakan dewa pengantar pesan, dewa penunjuk jalan, dewa pelindung para petualang, dan dewa penuntun arwah. Memiliki julukan sebagai Psykopompos yang berarti dewa pengantar arwah menuju dunia bawah, ia dapat melintasi tiga dunia yaitu dunia para dewa, dunia manusia dan dunia kematian atau dunia bawah.

  1. Aphrodite

Dewi Aphrodite adalah dewi cinta yang digambarkan memiliki paras yang cantik rupawan sehingga membuat siapa pun yang melihatnya akan jatuh cinta. Aphrodite merupakan lambang nafsu, kecantikan, bujuk rayu, kebahagiaan dan dipuja sebagai dewi kesuburan bagi wanita.

  1. Athena

Dewi Athena adalah dewi kebijaksanaan juga penyusun strategi perang yang handal. Ia merupakan anak Zeus dan Metis. Selain itu, ia juga dikenal sebagai dewi seni, keindahan jiwa dan dewi kepandaian serta pendidikan. Athena juga merupakan pelindung bagi gadis-gadis perawan. Ia digambarkan sebagai sosok wanita dengan aura kecerdasan yang kuat, mengenakan baju perang lengkap dengan pelindung kepala dan memegang perisai serta tombak.

  1. Apollo

Apollo adalah dewa matahari, cahaya, musik, ramalan, panahan, penyembuhan dan pelindung kaum muda. Ia merupakan anak dari Zeus dan Leto yang secara khusus dianugerahi kekuatan untuk mengatur pergerakan matahari di langit dan cahaya di bumi. Karena ketampanannya, Apollo menjadi sangat angkuh dan mengira semua wanita akan jatuh cinta kepadanya. Namun kenyataannya, semua kisah cinta Apollo berakhir buruk, ia juga dikenal sebagai salah satu dewa pemarah.

Baca Juga  Cara Mudah Dalam Merawat Sukulen

Artikel Terkait