Designer Kenzo Takada Meninggal Dunia karena Covid-19

 Designer Kenzo Takada Meninggal Dunia karena Covid-19

Kitapastibisa.id – Designer Kenzo Takada Meninggal Dunia karena Covid-19 – Detik

Designer Kenzo Takada Meninggal Dunia karena Covid-19 – Industri fashion dunia tengah berduka, karena Desainer Jepang Kenzo Takada meninggal dunia akibat komplikasi Covid-19.  Perancang terkenal dunia itu meninggal tanggal 4 Oktober 2020, pada usia 81 tahun di Rumah Sakit Neuilly-sur-Seine, Prancis.

Melalui akun Instagram resminya, merek Kenzo memberikan penghormatan kepada mendiang dengan mengatakan “Selama setengah abad, Mr Takada telah menjadi kepribadian simbolik dalam industri fashion, selalu menanamkan kreativitas dan warna ke dalam dunia,” tulis pihak Kenzo, Senin, 5 Oktober 2020.

Kenzo adalah salah satu nama terkenal dalam dunia busana Paris. Sejak tahun 1993 merk Kenzo telah mejadi bagian dari perusahaan barang-barang mewah LVMH. Merk Kenzo terkenal karena menggunakan warna-warni yang berani, motif yang saling bertabrakan yang terinspirasi dari perjalanannya ke seluruh dunia. Kepergian Takada hanya beberapa hari setelah koleksi Spring-Summer 2021 karya desainer Felipe Oliveira Baptista diperagakan di Paris Fashion Week.

Baca Juga: Angelina Jolie dan Brad Pitt Kembali Berseteru

Perjalanan Karier Sang Perancang Ternama

Designer Kenzo Takada Meninggal Dunia karena Covid-19
Kitapastibisa.id – Designer Kenzo Takada Meninggal Dunia karena Covid-19 – Kumparan

Kenzo Takada lahir pada 27 Februari 1939 di Himeji Jepang, dari keluarga yang menekuni bisnis perhotelan. Tetapi setelah membaca majalah mode adik perempuannya, ia jatuh cinta pada dunia mode. Takada sempat menjalani kuliah hubungan internasional di Kobe City University di Jepang, tetapi mengalami drop-out.

Setelah itu Takada belajar fashion secara akademis pada Bunka Fashion College, Tokyo. Semasa kuliah, Kenzo menjadi mahasiswa yang cukup gemilang dan pernah memenangkan lomba mode Soen Award pada 1961. Setelah lulus, ia pun bekerja pada sebuah department store bernama Sanai dan berhasil merancang 40 desain busana perempuan tiap bulannya.

Baca Juga  Chris John, Legenda Tinju Indonesia

Barulah pada 1964, Takada hijrah ke Paris demi mengejar impian untuk menjadi desainer internasional. Bukan dengan pesawat, melainkan kapal yang memakan waktu perjalanan selama sebulan. Ini juga menjadi perjalanan pertamanya ke luar Jepang.

Setelah sampai di Paris ia memutuskan untuk menjual hasil sketsa yang dibuat kepada desainer lain seperti Louis Feraud. Uang hasil penjualan itu digunakan demi meraih impiannya membuat label fashion sendiri. Berkat kerja keras, Takada akhirnya meluncurkan brand Kenzo pada 1970 dan terus berkembang dari pakaian pria hingga produk parfum.

Koleksi Kenzo begitu vibran dengan warna-warna dan motif yang berani. Menggambarkan kebahagiaan dan semangat dari budaya dunia. Ia pun juga menghadirkan sentuhan khas Jepang dalam koleksi-koleksinya.

Tahun 1999 Takada memutuskan untuk pensiun dari rumah mode miliknya dan fokus menekuni kecintaannya pada dunia seni. Namun ia sempat mendirikan label baru bernama K-3 yang masih eksis dan aktif mengeluarkan koleksi setiap tahunnya hingga Kenzo tutup usia.

Artikel Terkait