Desa Berdaya untuk Ekonomi Merata

 Desa Berdaya untuk Ekonomi Merata

Desa Berdaya untuk Ekonomi Merata

Desa Berdaya untuk Ekonomi Merata – Kesejahteraan desa merupakan salah satu kunci demi terwujudnya Indonesia adil dan makmur. Badan usaha milik desa (Bumdes) merupakan usaha desa yang dikelola oleh pemerintah desa, dan berbadan hukum. Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa. Pembentukan Badan Usaha Milik Desa ditetapkan dengan Peraturan Desa. Kepengurusan Badan Usaha Milik Desa terdiri dari Pemerintah Desa dan masyarakat desa setempat. Upaya ini dilakukan untuk memberi keleluasaan bagi pemerintah desa untuk mampu memaksimalkan potensi yang ada di daerahnya dengan sebaik mungkin sehingga desa mampu mandiri, produktif, dan berdaya.

Potensi dari setiap desa sangat berbeda, sehingga perlu dicari, dikelola, dan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mampu membangun usaha desa yang berkelanjutan. Misal untuk daerah Ponggok Klaten, Bumdes memanfaatkan sumber daya alam berupa mata air, untuk kemudian dikelola dan dimanfaatkan sebagai tempat wisata pemandian. Hal ini sangat berhasil, mengingat masyarakat turut ikut andil dalam menjalankan usaha tersebut. Keuntungan yang diperoleh dikembalikan lagi ke rakyat dalam bentuk lapangan pekerjaan, bahkan program 1 rumah 1 sarjana yang dicanangkan oleh kepala desanya. Lain lagi halnya dengan daerah Buleleng di Bali, memanfaatkan hutan kerakyatan, mereka fokus pada pengelolaan kopi, dan air terjun. Walau usaha seperti ini sudah semakin gencar dilakukan, namun pemerintah perlu menaruh perhatian yang serius, sebab jangan sampai justru proses perizinan dan birokrasi mempersulit desa untuk membangun potensi terbaiknya.

Baca Juga  Nyirih, Kebiasaan dalam Budaya Indonesia

Baca Juga: Bangsa Membutuhkan Pendidikan Kontekstual

Lapangan Pekerjaan Demi Ekonomi Merata

Jika desa mampu menyediakan lapangan pekerjaan melalui Bumdes maka tidak perlu lagi orang-orang muda bergerombol ke kota untuk bekerja. Tidak hanya itu, ekonomi merata pun ikut tercipta di desa. Bumdes juga mengisi peran sebagai penyangga ekonomi rakyat, meningkatkan perekonomian desa, mengoptimalkan asset desa, serta meningkatkan pendapatan desa. Perlu juga diperhatikan bahwa desa tetap membutuhkan bantuan pemerintah dengan memberikan pelatihan, pendampingan, dan pengawasan oleh tenaga ahli. Sehingga apa yang dibangun masyarakat desa dapat dikontrol dan dikembangkan dengan baik.

Jika standar yang digunakan telah mumpuni, maka pengembangan berikutnya terkait usaha yang menghasilkan produk maupun jasa dapat lebih terarah. Selain itu hal tersebut juga sesuai dengan kebutuhan serta perkembangan pasar. Sekaligus menjadi pagar, agar tetap berpijak pada koridor yang tidak mengeksploitasi atau merugikan desa itu sendiri.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *