Dalgona Coffee, Kopi Viral Dari Negeri Gingseng

 Dalgona Coffee, Kopi Viral Dari Negeri Gingseng

kitapastibisa – Dalgona Coffee, Kopi Viral Dari Negeri Gingseng – Rancah Post

Kreasi minuman kopi seakan tak ada habisnya dari masa ke masa. Belakangan ini orang-orang heboh dengan dalgona coffee, kopi kekinian yang membuat siapapun ingin mencobanya.

Minuman dengan tampilan susu putih yang dikombinasikan kopi di atasnya, diakui banyak orang memiliki rasa kelas atas. Apalagi bahan-bahan yang diperlukan juga ramah di kantong.

Tidak hanya kopinya, kali ini Dalgona hadir dalam bentuk lebih menarik, yakni dessert box. Pada dasarnya, bahan dalgona yang digunakan masih sama seperti minuman dalgona Coffee. Bedanya, pada dessert box juga terdapat campuran bahan lain yang membuat dalgona ini semakin enak karena kaya akan rasa.

Nama “dalgona” sendiri jadi pengingat jajanan ringan di Korea Selatan yang disebut Dalgona atau ppopgi dalam bahasa Korea. Permen manis dengan tekstur seperti spons, yang populer pada tahun 1970-an dan kini populer jadi makanan nostalgia masyarakat Korea Selatan.

Cara pembuatannya adalah dengan mencampurkan gula dan minyak untuk dijadikan sirup. Sirup gula ini dilelehkan di dalam wadah seperti sendok sayur yang cukup besar. Setelah gula meleleh bubuhkan sedikit baking soda ke dalam campuran gula tersebut sambil terus mengaduknya. Perlahan-lahan campuran tersebut akan mengembang dan berubah warna jadi coklat keemasan. Setelah matang, campuran gula tersebut dituang ke permukaan datar dan diratakan hingga membentuk bulatan sempurna.

Baca Juga  Resep Membuat Tteokbokki Anti Gagal

Baca Juga: Anak Bangsa Kembangkan Robot Sterilisasi Ruang Isolasi Pasien Corona

Intip Resep Dan Cara Membuat Dalgona Coffee

Munculnya resep dalgona coffee juga dianggap penyelamat untuk orang yang tidak bisa ke mana-mana selama masa isolasi corona. Dalam pembuatan dalgona coffee ada beberapa versi cara. Pembuatan dengan mengaduk manual atau bisa juga menggunakan mixer.

Kopi dalgona dibuat dengan memadukan kopi instan, gula, dan air panas. Aduk semuanya setidaknya 400 kali jika pembuatan dengan cara manual untuk menghasilkan krim. Membuat kopi dalgona membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan upaya, tetapi itu salah satu cara untuk membunuh kejenuhan.

Dalgona coffee populer setelah acara TV di Korea Selatan pada Januari 2020. Tetapi Sejumlah sumber menyebutkan, kopi kocok ini asalnya dari India, Pakistan, dan Makau. Pembuatannya sama, yaitu hanya dengan mencampurkan kopi, gula, dan sedikit air panas ke dalam cangkir. Lalu, dikocok sampai berbusa. Setelah itu tambahkan kocokan tersebut ke atas es susu.

Para penikmat kopi di India yang melihat dalgona coffee akan merasakannya mirip dengan Phenti Hui atau Beaten Cofee. Bedanya, ketika membuat Phenti Hui, susu dituangkan di atas campuran kocok tadi, bukan sebaliknya.

Baca Juga  Makna Kimchi bagi Masyarakat Korea

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *