Coklat Monggo, Oleh-Oleh Khas Yogyakarta

 Coklat Monggo, Oleh-Oleh Khas Yogyakarta

Kitapastibisa.id – Coklat Monggo, Oleh-Oleh Khas Yogyakarta – Medium

Coklat Monggo, Oleh-Oleh Khas Yogyakarta – Coklat merupakan sebutan bagi olahan kakao. Kakao sendiri merupakan salah satu dari 3 komoditi yang dibawa oleh penjajah untuk masuk dan kemudian ditanam di Indonesia. Bersama dengan teh dan kopi, kakao kemudian banyak ditanam di wilayah Indonesia yang cocok dengan kondisi geografisnya. Kakao sendiri merupakan tanaman asli dari Amerika Latin, yang diperkirakan mula-mula tumbuh di daerah Amazon utara sampai ke Amerika Tengah. Mungkin sampai ke Chiapas, bagian paling selatan Meksiko. Orang-orang Olmec memanfaatkan pohon dan, mungkin juga, membuat “cokelat” di sepanjang pantai teluk di selatan Meksiko.

Nah, salah satu pengolahan kakao menjadi coklat yang nikmat dan enak adalah Coklat Monggo. Pendirinya merupakan seorang berkebangsaan Belgia, Thierry Detournay. Negara yang sangat terkenal dengan kemampuannya dalam melahirkan dan memproduksi coklat-coklat yang sangat enak. Hal ini kemudian membawa Thierry menjelajah coklat yang ada di Indonesia dan menciptakan coklat-coklat dengan resep yang ia bawa dari tanah kelahirannya. Ternyata hal tersebut disambut dengan sangat positif oleh orang-orang terdekatnya.

Baca Juga  Tips Menemukan Pola Sarapan yang Baik Bagi Tubuh

Setelah mendapat respon dan tanggapan itu, ia mencoba peruntungannya untuk berjualan di Sunday Morning di UGM dan kawasan Gereja Kota Baru menjadi lokasi target operasinya yang pertama. Respon dari masyarakat di luar dugannya menjadi sangat luar biasa. Hal ini membuat ia berpikir untuk mendirikan sebuah toko sebagai media penjualan.

Baca Juga: Roti Bagel, Sarapan Nikmat dan Mengenyangkan

Perjalanan Bisnis Coklat Monggo

Coklat Monggo, Oleh-Oleh Khas Yogyakarta
Kitapastibisa.id – Coklat Monggo, Oleh-Oleh Khas Yogyakarta – Traveltoday

Pada tahun 2005, Thierry pun menggandeng perusahaan Anugerah Mulia sebagai rekanan dan mulai total berbisnis coklat dengan label Chocolate Monggo. Mengawali langkah berbisnisnya, ia pun meluncurkan produk perdana bernama Cacaomania, coklat praline yang ditujukan bagi orang-orang muda. Namun nama tersebut ditinggalkannya karena nama tersebut terlalu umum dan mereka membutuhkan nama yang khusus untuk dapat diluncurkan di pasaran.

Melihat potensi yang sangat besar, ia pun semakin sering berinovasi, bahkan saat ini sudah banyak varian produk yang diciptakannya. Saat ini pelanggannya sudah bisa menikmati 15 varian coklat yang dikemas dengan 30 kemasan yang berbeda. Bahkan coklat monggo juga menciptakan varian rasa yang tidak biasa. Misalnya dengan varian cabe, jahe, dan kacang-kacangan.

Baca Juga  Kenali Manfaat Teh yang Baik untuk Tubuh

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *