Cara Untuk Meraih Ketenangan Jiwa

 Cara Untuk Meraih Ketenangan Jiwa

Kitapastibisa.id – Cara Untuk Meraih Ketenangan Jiwa – Detik

Ketenangan jiwa merupakan nikmat yang begitu berharga. Ia diberikan Allah subhanahu wa ta’ala kepada hamba-Nya yang beriman dan bertakwa. Sebagaimana kisah perang badar. Kala umat muslimin melawan ribuan kaum kafir dalam perang badar, Allah menurunkan ketenangan ke dalam jiwa mereka. Ketenangan jiwa justru menambah keimanan umat muslim dan menguatkan mereka.

Hal tersebut sesuai dengan firman Allah subhanahu wa ta’ala dalam surat Al-Fath ayat 4 yang berbunyi,

“Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana”

Sulitnya meraih ketenangan jiwa membuatnya begitu berharga. Setan tidak pernah lelah untuk menipu manusia. Mereka kerap menipu dan membisikan hasutan maksiat yang membuat manusia tidak tenang. Semakin jauh manusia tinggal dalam bujuk rayu setan, maka semakin jauh ia kepada Yang Maha Pemberi Nikmat.

Apa yang dianggap manusia sebagai nikmat, tak jarang berujung petaka. Misal, berapa banyak orang yang bergelimang harta namun hatinya tidak tenang? Atau lainnya, seorang yang tenar tidak punya ketenangan jiwa? Menyoal hal tersebut, Imam Ibnul Qayyim dalam kitab Igaatsatul lahfaan menjelaskan tentang kenikmatan dunia. Ia berkata,

Baca Juga  Cinta Itu Dipupuk, Bukan Hadir Tanpa Usaha

“Sungguh kasihan orang-orang yang cinta dunia, mereka (pada akhirnya) akan meninggalkan dunia ini, padahal mereka belum merasakan kenikmatan yang paling besar di dunia ini”. Maka ada yang bertanya, “Apakah kenikmatan yang paling besar di dunia ini?” Ulama ini menjawab, “Cinta kepada Allah, merasa tenang ketika mendekatkan diri kepada-Nya, rindu untuk bertemu dengan-Nya, serta merasa bahagia ketika berzikir dan mengamalkan ketaatan kepada-Nya.”

Lantas, bagaimana cara meraih ketenangan jiwa?

Baca Juga: Alasan Mengapa Manusia Diuji Menurut Islam

Amalan Penyejuk Jiwa

Untuk meraih ketenangan jiwa, maka seorang umat muslim harus menghalau ajakan setan dalam berbuat maksiat. Berkenaan dengan hal tersebut Allah ta’ala berfirman,

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (QS ar-Ra’du:28).

Dengan mengingat Allah, maka seorang muslim akan merasa terus diawasi. Hasrat ingin bermaksiat pun dapat ditekan. Menyambung pembahasan Imam Ibnu Qayyim sebelumnya, mengingat Allah dapat dimaknai dengan perilaku gemar beribadah.

Baca Juga  Yuk Intip! Manfaat Ketika Kamu Berkebun di Rumah

Salah satu amalan yang mendatangkan ketenangan jiwa ialah duduk bersama orang-orang saleh. Hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah membaca Kitabullah dan saling mengajarkan satu dan lainnya melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), akan dinaungi rahmat, akan dikeliling para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi makhluk yang dimuliakan di sisi-Nya.” (HR. Muslim, no. 2699)

Dalam hadis tersebut diterangkan bahwa membaca Alquran bersama orang-orang saleh dapat mendatangkan rahmat dan ketenangan. Dalam hadis lainnya, malaikat senantiasa bergabung dan mendoakan mereka yang gemar berkumpul dalam urusan ilmu agama.

Demikian salah satu cara untuk memperoleh ketenanga jiwa. Hidup memang tidak luput dari cobaan dan kesulitan. Namun, Allah senantiasa memberikan ketenangan bagi mereka yang mencarinya. Salah satunya melalui majelis ilmu dan berkumpul bersama orang-orang saleh.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *