Cara Untuk Mengontrol Rasa Lapar

 Cara Untuk Mengontrol Rasa Lapar

Kitapastibisa.id – Cara Untuk Mengontrol Rasa Lapar – Merdeka

Rasa lapar merupakan pertanda bahwa kondisi tubuh kita sedang membutuhkan asupan. Kalau sudah merasa lapar, artinya tubuh kita sudah benar-benar membutuhkan makanan untuk diubah menjadi energi. Namun kadang makan saat perut terasa sangat lapar akan membuat kita cenderung makan dalam porsi yang berlebih.

Tubuh juga memerlukan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan sinyal kalau perut sudah kenyang, yaitu sekitar 20 menit. Hal inilah yang kemudian menyebabkan kita makan dengan porsi lebih besar dan banyak, karena tubuh belum menerima sinyal perut sudah kenyang. Kita bisa mengontrol porsi makan dan tidak makan dalam porsi yang terlalu besar dan berlebih.

Berikut Cara Mengontrol Rasa Lapar:

Baca Juga: Bangkit Kembali Saat Diremehkan

  1. Makan Secara Perlahan

Makan atau mengunyah secara perlahan bisa mencegah kita tersedak, selain itu juga membantu mengontrol porsi makan. Mengunyah secara perlahan bisa membantu tubuh untuk menekan ghrelin atau hormon lapar yang ada di dalam tubuh. Hormon ini akan mengirimkan sinyal ke otak untuk memberitahu bahwa kita sudah makan dan keinginan kita untuk makan jadi berkurang. Dengan makan secara perlahan, maka kita juga memberi waktu pada otak untuk menerima sinyal dari hormon ghrelin ini.

  1. Isi Setengah Piring dengan Sayuran
Baca Juga  Film Musikal Untuk Menemani Waktu Akhir Pekan

Untuk mengurangi porsi makan berlebih, bisa diatasi dengan mengisi separuh piring dengan sayuran hijau. Namun sayuran hijau kaya akan serat yang bisa membuat kita jadi lebih cepat kenyang. Selain itu, proses pencernaan sayuran hijau juga lebih lambat dibanding nasi putih, sehingga kita kenyang lebih lama. Kalau setengah piring sudah diisi dengan sayuran hijau, maka setengah sisanya bisa diisi dengan lemak, karbohidrat, dan protein.

  1. Menambahkan Lemak Sehat

Lemak banyak dihindari karena dianggap bisa membuat tubuh jadi gemuk. Padahal, tidak semua lemak akan membuat tubuh gemuk, karena ada juga lemak sehat atau lemak baik. Lemak sehat contohnya seperti alpukat dan kacang-kacangan yang bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Lemak akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama untuk tubuh.

  1. Makan Buah Sebelum Makan

Ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi buah sebelum mengonsumsi makanan utama. Walaupun tidak ada aturan pasti untuk memakan buah, sebelum atau sesudah makanan utama, tapi makan buah sebelum mengonsumsi makanan utama bisa membantu kita mengontrol porsi makan yang dikonsumsi setelahnya. Pemilihan buah juga sebaiknya dengan warna yang beragam atau berbeda-beda setiap harinya, agar kebutuhan mineral dan vitamin dalam tubuh terpenuhi.

Baca Juga  Bubur Ase, Panganan Legendaris Dari Betawi

Artikel Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *