Cara Tepat Menghemat Uang Belanja Bulanan

 Cara Tepat Menghemat Uang Belanja Bulanan

Kitapastibisa.id – Cara Tepat Menghemat Uang Belanja Bulanan – Springmeblog

Cara Tepat Menghemat Uang Belanja Bulanan – Belanja kebutuhan makan dan keperluan sehari-hari menjadi suatu pengeluaran terbesar. Agar keuangan tetap terjaga, cobalah untuk mulai mengatur pengeluaran untuk belanja bulanan. Terutama untuk berbelaja kebutuhan dapur yang seringkali cukup menyita anggaran bulanan.

Banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi setiap harinya, membuat kita harus bisa menghemat uang agar penggunaannya bisa dimaksimalkan. Sehingga tidak akan mengakibatkan pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Dan bisa lebih memanfaatkan uang untuk ditabung ataupun untuk dana darurat dan hal lainnya.

Cara menghemat uang belanja yang bisa dilakukan dengan sederhana dan bijaksana. Mulai dari perbandingan harga barang sebelum membeli ataupun dengan membuat catatan rencana belanja. Cara-cara tersebut dapat membantu untuk mengingat dan menghindari membeli barang yang memang tidak diperlukan dan pemborosan.

Simak tips berikut untuk membantumu lebih bisa menghemat uang belanja bulanan.

Baca Juga: Tips Kembalikan Semangat Setelah Liburan

3 Cara Menghemat Uang Belanja. 

1. Membuat Daftar Menu Masakan

Cobalah untuk selalu membuat daftar menu masakan mingguan. Hal ini agar kamu bisa mengatur bahan-bahan makanan yang dibutuhkan selama 7 hari ke depan. Sehingga kamu bisa membeli suatu barang dengan jumlah yang cukup. Ketimbang harus terus-menerus membeli dengan jumlah yang sedikit-sedikit secara terus menerus.

Baca Juga  Tips Fotografi: Jenis Filter Lensa dan Penjelasannya

2. Membedakan Belanja Harian, Mingguan, dan Bulanan

Bedakanlah antara belanja harian, mingguan dan bulanan. Sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan ketahanan barang dengan kebutuhanmu. Misalnya belanja bulanan untuk barang-barang yang sifatnya tahan lama. Kemudian belanja mingguan untuk barang yang ketahanannya bisa tahan selama seminggu. Dan belanja harian untuk membeli bahan-bahan yang sifatnya tidak bisa tahan lama.

3. Berbelanja di Pasar Tradisional

Mulailah untuk berbelanja di pasar tradisional. Sebab pada umumnya, pasar tradisional memiliki harga sayur, buah, bumbu dan hal lainnya yang lebih murah meriah, daripada supermaket. Karenakan supermaket memiliki harga yang sudah diakumulasi dengan biaya pajak. Sehingga, harga barang-barangnya lebih mahal daripada di pasar tradisional. Selain itu di Pasar Tradisional kamu juga bisa melakukan tawar menawar harga barang yang akan kamu beli, dengan para pedagang.

Artikel Terkait