Cara Sederhana Meningkatkan Kesehatan Tubuh

 Cara Sederhana Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Kitapastibisa.id – Cara Sederhana Meningkatkan Kesehatan Tubuh – Hello Sehat

Cara Sederhana Meningkatkan Kesehatan Tubuh – Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ada berbagai cara sederhana yang dapat dilakukan. Seperti dengan menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat. Agar sistem kekebalan tubuh atau sistem imun dapat melindungi tubuh secara maksimal dari serangan virus, bakteri, jamur, dan parasit. Sebab sistem kekebalan tubuh lemah, dapat dengan membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit.

Makanan sehat yang bernutrisi tinggi dapat membantu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh. Sehingga penting bagi kita untuk selalu mengonsumsi makanan sehat agar tetap kuat dalam menghalau infeksi. Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar dapat berfungsi dengan optimal, perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Selain dengan mengonsumsi makanan yang sehat, cara meningkatkan kekebalan tubuh juga perlu dilakukan dengan banyak minum air putih.

Baca Juga: Tips Aman Bersepeda Bagi Pemula

Makanan Sehat Untuk Meningkatkan Kesehatan Tubuh

1. Makanan laut

Makanan laut mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti protein, omega-3, asam lemak tak jenuh ganda (PUFA), serta vitamin dan mineral, yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat. Jenis makanan laut yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh antara lain ikan, kerang, dan tiram.

Baca Juga  Waktu Yang Tepat Untuk Konsumsi Buah

2. Sayuran Hijau

 Sawi, Bayam dan Brokoli merupakan beberapa jenis sayuran hijau yang mengandung banyak serat dan antioksidan, serta kaya akan vitamin A, C, dan E. Sayuran juga mengandung banyak beta karoten yang efektif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan nutrisi inilah yang membuat sayuran mampu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Buah-buahan

Buah-buahan kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Beberapa jenis buah yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah pepaya, jeruk, lemon, kiwi, mangga, jambu, dan stroberi.

4. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan probiotik. Probiotik banyak terkandung dalam makanan hasil fermentasi. Probiotik adalah bakteri baik yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghalau infeksi bakteri penyebab penyakit tertentu, seperti diare, infeksi saluran kemih, dan ISPA.

5. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah yang mengandung kurkumin. Kurkumin merupakan antioksidan yang turut berperan dalam menunjang fungsi sistem kekebalan tubuh. Zat ini juga memiliki sifat antiradang. Selain itu, kunyit juga memiliki potensi untuk mengurangi risiko terjadinya sejumlah penyakit serius, seperti diabetes, demensia, gangguan jantung, hingga tumor.

Baca Juga  Mengurangi Tingkat Stress dengan 3 Langkah Sederhana

Artikel Terkait