Cara Sederhana Berbakti Kepada Orang Tua

 Cara Sederhana Berbakti Kepada Orang Tua

Kitapastibisa.id – Cara Sederhana Berbakti Kepada Orang Tua – Kumparan

Cara Sederhana Berbakti Kepada Orang Tua – Orang tua adalah pintu surga bagi anaknya. Melalui ridhanya, maka ridha Allah pun datang. Oleh karenanya, berbakti kepada orang tua adalah hal yang wajib. Sebagaimana hadis dari Abdullah bin ’Umar, ia berkata,

“Ridha Allah tergantung pada ridha orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua.” (Adabul Mufrod no. 2. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan jika sampai pada sahabat, namun shahih jika sampai pada Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam)

Baca Juga: Jembatan Youtefa Dalam Uang Peringatan Kemerdekaan

Bagaimana cara kita berbakti kepada orang tua?

Dilansir dari rumaysho.com, terdapat lima bentuk berbakti kepada orang tua yang dapat diteladani.

Pertama, memenuhi dan menaati perintah orang tua dalam koridor Islam sebagai mana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tidak ada ketaatan dalam melakukan maksiat. Sesungguhnya ketaatan hanya dalam melakukan kebajikan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kedua, dahulukan perintah orang tua daripada perkara sunnah. Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, terdapat seorang Ibu yang mendoakan jelak anaknya yairu si Juraij. Ini disebabkan oleh dirinya yang mementingkan salat sunnah di atas panggilan ibunya.

Baca Juga  Rihanna Dikabarkan Berpacaran dengan Sahabatnya, A$ap Rocky

Ketiga, berikanlah akhlak dan pribadi yang mulia. Melalui perkataan yang lembut dan perilaku yang sopan. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman:

“Dan Rabb-mu telah memerintahkan agar kamu jangan beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Ya Rabb-ku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.’” (Al-Israa’ : 23-24).

Keempat, menjalin hubungan dengan saudara dan kerabat orang tua sebagai mana hadis Ibnu Umar berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda,

“Sesungguhnya kebajikan terbaik adalah perbuatan seorang yang menyambung hubungan dengan kolega ayahnya.” (HR. Muslim)

Terakhir, mendoakan orang tua manakala mereka sudah tidak ada.

Dan yang paling penting dalam berupaya berbakti kepada orang tua ialah sabar. Orang tua kita telah begitu sabar mendidik dan membesarkan kita. Tidak pantas bagi seorang anak untuk mengatakan tidak sabar manakala ia membalas jasa orang tuanya.

Baca Juga  Cara Untuk Mengontrol Rasa Lapar

Artikel Terkait