Cara Mudah Dalam Merawat Sukulen

 Cara Mudah Dalam Merawat Sukulen

Kitapastibisa.id – Cara Mudah Dalam Merawat Sukulen – Klik Hijau

Cara Mudah Dalam Merawat Sukulen – Salah satu dekorasi yang akhir-akhir ini cukup populer adalah tanaman sukulen. Tanaman Sukulen ini cenderung tidak memerlukan perawatan khusus. Tidak hanya untuk ditanam di taman, tapi juga untuk dekorasi rumah bahkan untuk hadiah. Kebanyakan sukulen berasal dari wilayah yang panas dan kering seperti Afrika dan Amerika Latin.

Tanaman ini menyimpan cadangan air di daun ataupun batang, sehingga bisa bertahan hidup tanpa harus sering-sering disirami. Maka tanaman ini hanya perlu disiram sesekali dan mendapatkan pencahayaan yang pas.

Namun tidak sedikit orang yang kadang malah mendapatkan tanaman yang menjadi busuk dan mati. Agar tak salah, berikut ini berbagai cara untuk merawat Sukulen.

Baca Juga: Beberapa Cara Agar Tidur Lebih Nyenyak

  1. Pilih Media Tanam Yang Sesuai

Sukulen merupakan tumbuhan yang tidak boleh terkena air terlalu lama. Untuk media tanamnya bisa dengan pasir malang atau bebatuan di lapisan paling bawah pada pot untuk mengurangi kelembapan. Setelah itu,campur tanah dengan pupuk kandang dan tutupi bagian atasnya dengan sekam bakar.

  1. Gunakan Pot Yang Bawahnya Berlubang

Pot yang bawahnya berlubang akan membuat air siraman cepat merembes keluar dan tidak menggenang dalam pot. Media tanaman yang basah atau lembap adalah penyebab utama akar sukulen membusuk. Pot yang paling baik untuk menanam sukulen adalah yang berbahan tembikar dan terakota karena bahannya yang bisa menyerap air dan mengeluarkannya dari pori-pori.

  1. Simpan Pada Tempat Yang Tidak Terkena Cahaya Matahari Langsung

Sukulen hanya butuh terpapar sinar matahari pagi selama 5-6 jam setiap harinya untuk tumbuh dengan baik. Jauhkan sukulen dari panas matahari yang terik karena cahaya yang menyengat bisa membuat daunnya terbakar sehingga muncul noda kehitaman.

  1. Siram Setiap 1 atau 2 Minggu Sekali

Intensitas penyiraman Sukulen tergantung dari tempat dan di mana tanaman disimpan. Untuk tanaman yang ada di dalam ruangan, itensitas penyiraman tentunya akan lebih sedikit daripada sukulen yang disimpan di luar ruangan. Idealnya, tanaman ini disiram 1 hingga 2 minggu sekali, tergantung dengan kelembapan dan keringnya tanaman.

  1. Beri Pupuk Secara Berkala

Untuk memastikan tumbuh kembang dari sukulen yang kamu miliki, kamu harus memastikan tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup. Sukelen bisa mendapatkan nutrisi tersebut dari pupuk yang harus kamu berikan secara berkala. Jenis pupuk yang biasa digunakan adalah pupuk yang kaya akan unsur hara nitrogen, fosfor, dan kalium.

Baca Juga  Menurut Islam Tidur Siang Itu Baik

Artikel Terkait