Cara Merawat Buku Agar Terbebas Jamur

 Cara Merawat Buku Agar Terbebas Jamur

Kitapastibisa.id – Cara Merawat Buku Agar Terbebas Jamur – 99.co

Cara Merawat Buku Agar Terbebas Jamur – Terkadang ada buku yang menguning akibat dari pengaruh jamur. Jamur pada buku mengakibatkan noda-noda kuning dan kecokelatan pada kertas-kertasnya. Bahkan kadang kala menimbulkan bau apek. Noda-noda jamur ini akan mengurangi tampilan buku dan membuatnya tampak kotor dan tidak terawat. Sehingga mengurangi keindahan tampilan buku dan membuat buku terlihat usang dan kumal.

Keberadaan jamur merupakan akibat dari sirkulasi udara yang kurang baik dan lembap. Kemunculan dari jamur inilah yang membuat buku menjadi mudah rusak.

Baca Juga: Tips Bagi Dalam Mendongeng Untuk Anak

Tips Mudah Merawat Buku Agar Bebas Jamur

1. Pembungkus Berbahan Plastik

Proses oksidasi bisa terjadi karena kertas-kertas buku terpapar dengan kadar oksigen ruangan. Membungkus buku dengan plastik sebelum menyimpannya di dalam rak atau lemari juga bisa Anda lakukan untuk menghindari jamur. Jika anda menyimpan buku dalam kardus. Sebelumnya usahakan untuk melapisi dahulu buku dengan bubble wrap agar bebas dari kontaminasi asam kardus. Sebab kardus mengandung zat asam yang dapat membuat kertas buku menjadi kuning.

Baca Juga  Tips Produktif bagi Fresh Graduate

2. Simpan Buku Dalam Posisi Berdiri

Usahakan untuk menyimpan buku dalam kondisi berdiri dan dijajarkan. Agar udara dapat masuk dengan leluasa ke dalam sela-sela buku. Buku yang disusun bertumpuk akan menjadikannya cepat lembap. Dan dalam waktu lama, lembaran-lembaran buku akan saling menempel sehingga huruf-hurufnya menjadi cepat pudar. Hingga akhirnya membuat kertas buku berubah warna menjadi kuning kecokelatan. Maka dari itu, tatalah buku dengan posisi berdiri, sebab buku yang ditata berdiri akan lebih lambat mengalami proses menguning ketimbang buku-buku yang disusun bertumpuk.

3. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Jangan biarkan buku-buku Anda terkena paparan sinar matahari secara langsung. Sebab paparan sinar matahari langsung dapat membuat lembaran kertas-kertas pada buku menjadi terlalu kering. Kertas buku yang terlalu kering identik dengan perubahan warna. Warna asli kertas yang putih justru akan berubah menjadi cokelat dan kuning apabila buku mengalami kekeringan. Sinar matahari yang berlebih juga dapat membuat tekstur buku menjadi bergelombang. Buku juga akan rapuh dan akhirnya mudah sobek. Cobalah sesekali untuk menjemur buku di bawah sinar matahari adalah hal yang bagus dan harus dilakukan untuk menghilangkan kelembapan berlebihan pada buku.

Baca Juga  Yang Perlu Diketahui oleh Muslim Tentang Sindrom Impostor

Artikel Terkait